top of page

37 Perusahaan Buka 200 Lowongan Pekerjaan di Katingan Job Fair


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintrannaker) setempat menggelar "Katingan Job Fair" selama tiga hari, 28 - 30 Agustus 2024.


Kepala Disperintrannaker Katingan, Supardi mengatakan, ada 37 perusahaan yang mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya dari sektor pertambangan, perkebunan dan pembiayaan. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut membuka sedikitnya 200 lapangan pekerjaan untuk warga Kabupaten Katingan.


"Kegiatan ini bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Juga sebagai upaya dari kami untuk menurunkan angka pengangguran," ucap Supardi pada acara pembukaan kegiatan di Halaman Kantor Disperintrannaker setempat, Rabu (28/8/2024) pagi.


Pada momentum yang sama, dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang menekankan, masalah ketenagakerjaan bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya. Namun juga memerlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja para pengusaha ataupun para pencari kerja serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.


Melalui kegiatan Job Fair, sebut Pransang, sebagai wadah memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Diharapkan dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, sehingga mempercepat proses rekrutmen dan penempatan tenaga kerja di Kabupaten Katingan.


Dijelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan Job Fair pihak pengguna tenaga kerja dapat menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan, serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan.


"Sementara itu para pencari kerja dapat mengetahui informasi ruang kerja dan memilih jenis pekerjaan berdasarkan kemampuan dan minat mereka," jelas Pransang.


Pransang menaruh harapan melalui kegiatan tersebut bagi para pendiri kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai bakat, minat dan kemampuan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. -red



Comments


bottom of page