top of page

Asisten Adum Sri Suwanto, Yakin ASN Kalteng Pertahankan Netralitas di Pemilu 2024


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Asisten Administrasi Umum (Adum) Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Suwanto, menghadiri acara Ngobrol Pemilu Lintas Sektoral Kesiapan Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah pada Senin (8/1/2024).


Saat berbicara dengan media, Sri Suwanto menekankan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mempertahankan netralitasnya selama pelaksanaan pemilu. Hal ini disebabkan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten menjadi pendukung dalam acara yang diadakan oleh KPU.

"Selama berlangsungnya kegiatan KPU ini, kami berharap suasana tetap kondusif, baik sebelum maupun setelah pemilu," ungkapnya.


Sri Suwanto juga memberikan pesan kepada para wartawan untuk berhati-hati dalam menyajikan berita. "Kami berharap tidak ada berita hoaks yang dapat menyebar," tegasnya.


Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Sastriadi, dalam penyampaiannya, menjelaskan bahwa peserta pemilu 2024 mencakup pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif (pileg), dan pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


"Jumlah alokasi kursi DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah adalah sebanyak 440 kursi," jelasnya.


Dia juga menginformasikan bahwa terdapat 56 jenis surat suara di seluruh Kalimantan Tengah untuk pemilu 2024, termasuk satu surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, satu surat suara untuk pileg DPR RI, satu surat suara untuk pileg DPD RI, lima surat suara untuk pileg DPRD Provinsi, dan 48 surat suara untuk pileg DPRD Kabupaten/Kota.


"Per tanggal 7 Januari 2024, progres pengerjaan logistik mencapai jumlah total surat suara sebanyak 9.885.665 lembar, dengan 6.722.961 surat suara sudah selesai disortir dan dilipat (68%), dengan target penyelesaian 100% pada minggu ketiga bulan Januari 2024," tambahnya.


Dalam acara tersebut, tampak hadir unsur Forkopimda, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah Satriadi, dan hadir secara virtual Ketua KPU bersama Tim Gabungan Pengawasan Pemilu Kabupaten/Kota. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page