top of page

Terjadi, tapi tidak masuk di logika? Ini beberapa budaya mistis di Indonesia!

Updated: Sep 1, 2022



“ Inilah menariknya negara Indonesia! Selain beragam suku, adat, dan bahasa. Indonesia juga memiliki beberapa budaya mistis yang tidak masuk di logika? Namun terjadi! ”

IKIPALI

Daerah timur Indonesia yakni Papua, salah satu suku di daerah Papua ini memiliki tradisi yang cukup extrim. Tepatnya Suku Dani, memiliki tradisi memotong jari yang disebut “Ikipali”. Tradisi ini dilakukan bila ada salah satu anggota keluarga atau kerabat dekat telah meninggal dunia. Seperti: suami, istri, ayah, ibu, dan saudara sekandung. Ibu dari anggota keluarga suku Dani, wajib memotong jari. Sebagai simbol sakitnya saat kehilangan anggota keluarga, juga untuk mencegah terulang kembali malapetaka yang merenggut nyawa, anggota keluarga mereka.


DEBU

Merupakan tradisi yang digelar di daerah banten. Sekarang, Debus sering menjadi ajang pertunjukan oleh masyarakat Provinsi Banten. Adapun pertunjukan ini terbilang unik dan extrim, yaitu setiap anggota melakukan adegan menusuk perut dengan tombak. Menyayat bagian anggota tubuh menggunakan golok, memakan api. Menusukkan jarum kawat ke lidah, kulit pipi, maupun anggota tubuh lainya. Hingga tembus, tanpa mengeluarkan darah. Memang semua ini berada di luar logika, tapi sebelumnya setiap anggota juga melakukan ritual yang dipimpin oleh sesepuh atau guru kepala.


PUKUL SAPU

Pukul Manyapu atau Bakupukul Manyapu merupakan atraksi unik dari Maluku Tengah. Yang biasanya dipentaskan di desa Mamala, desa Morela, Maluku Tengah. Pertunjukan ini di gelar hari ke tujuh Syawal setelah hari raya Idul Fitri, dan banyak wisatawan yang datang untuk melihat atraksi ini. Setiap warga desa yang mengikuti tradisi ini saling memukul menggunakan lidi hingga berdarah, namun hebatnya. Suasana tetap akrab setelah atraksi tersebut. Adapun filosofi dari tarian ini sebagai pengingat Pasukan Telukabesi saat bertempur untuk mempertahankan Benteng Kapapaha, dari serbuan penjajah.


PASSILIRAN


Salah satu suku di Provinsi Sulawesi Selatan, lebih tepatnya suku Toraja memiliki tradisi unik di tanahnya. Yaitu, memakamkan bayi yang meninggal di dalam batang pohon Tarra. Pohon yang dianggap suci, oleh masyarakat setempat kalangan Suku Tanah Toraja. Tetapi, khusus bayi yang berusia dibawah 6 bulan saja yang dimakamkan disini. Mereka beranggapan bahwa bayi yang meninggal sebelum tumbuh gigi, adalah bayi yang masih dalam keadaan suci. Sehingga perlu dikembalikan kepada rahim ibunya, dengan cara memasukkannya kedalam Pohon Tarra.


RITUAL MA’NENE


Ada 1 tradisi unik di Tanah Toraja, yang sempat menghebohkan pemberitaan dunia. Yaitu ketika para mayat di Tanah Toraja berganti baju baru, yang disebut Ritual Ma’nene. Sebuah ritual permandian, perawatan, sampai penggantian baju baru, bagi kerabat pendahulu yang telah meninggal dunia. Setelah itu, para mayat akan di arak keseliling kampung. Banyak yang mengabadikan momen ini, bahkan hingga berfoto selfie di Ritual Ma’nene. Tradisi ini digelar tiga tahun sekali, adapun filosofinya: mereka menganggap bahwa, orang yang telah meninggal pun perlu dirawat dan dihormati. Meskipun, jasad tersebut sudah tidak berbentuk lagi.


RITUAL TIWAH


Bagi Suku Dayak yang menganut kepercayaan Agama Kaharingan, orang yang meninggal dunia belum bisa langsung masuk ke dalam surga, begitulah kepercayaan masyarakat Dayak beragama Kaharingan. Maka dari itu, sebuah proses kematian perlu dilanjutkan dengan ritual lanjutan sebagai penyempurnaan. Agar, tidak mengganggu ketenteraman serta kenyamanan bagi orang yang masih hidup. Ritual tersebut bernama Tiwah, yakni prosesi mengantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka. Dengan cara menyucikan dan memindahkan jasad, dari liang kubur menuju tempat yang bernama Sandung. Atau rumah kecil dengan tidak menyentuh tanah.


TRADISI PENGGAL KEPALA


Tradisi penggal kepala ini dilakukan oleh suku Naulu yang tersebar di dua wilayah pulau Seram dan Maluku. Tradisi ini adalah berburu kepala manusia sebagai persembahan untuk nenek moyang mereka.


Itulah beberapa budaya mistis yang masih terjadi di Indonesia… gimana nih apa ada budaya menarik juga dari budaya daerah mu? Jika ada tulis di kolom komentar ya hehe …


Semoga artikel ini menambah wawasan kamu tentang ragam budaya di Indonesia ya!


Comments


bottom of page