top of page

Bangun Generasi Muda, PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung Komitmen Majukan Bangsa


WISUDA. PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung Group saat menggelar wisuda angkatan pertama SMK Maharati di Desa Buhut Jaya, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, Jumat (14/6/2024). (Foto: Humas Tuah Turangga)

KAPUAS, KALTENG NETWORK,- Komitmen PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan PT Tuah Turangga Agung (TTA) dalam membangun generasi bangsa dibuktikan dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maharati. Kini SMK tersebut sudah mewisuda siswa kelulusan untuk angkatan pertama. Wisuda perdana ini digelar di ring satu area operasional PAMA MCIP di Desa Buhut Jaya, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Jumat (14/6/2024).


Sebanyak 54 siswa angkatan pertama menghadiri upacara wisuda setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar sejak SMK Maharati berdiri pada tahun 2021. Mereka terbagi menjadi dua jurusan, dengan 25 siswa dari jurusan Teknik Alat Berat dan 29 siswa dari Jurusan Multimedia.


Pada kesempatan itu, SMK Maharati juga memberikan apresiasi kepada siswa dengan kategori Best Academic bagi siswa yang berprestasi di akademik dan Best Non Academic bagi yang paling berprestasi di luar bidang akademik. Siswa paling berprestasi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang perjalanannya selama menempuh pendidikan di SMK Maharati.


Sebelum acara wisuda ini, SMK Maharati telah melakukan Pre-Graduation Program untuk menyiapkan lulusan yang kompeten melalui empat tahapan yaitu:


1. Pemetaan & Profiling Siswa

2. Pembekalan Akademis, Karakter & Lifeskill

3. 100 persen Terserap “BMW” (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha), dan

4. Graduation (acara wisuda pelepasan siswa).



Hendra Hutahean, Presiden Direktur PAMA dan TTA, berharap agar seluruh wisudawan dapat melanjutkan masa depan sesuai minatnya, menjadi calon tenaga kerja berkualitas, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antara orang tua, siswa, tim SMK, perusahaan, dan pemerintah untuk terus mendukung SMK Maharati ke depannya.


SMK Maharati merupakan sekolah yang didirikan oleh PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung Group melalui Yayasan Bina Harati PAMA. Proses mendirikan SMK Maharati didukung oleh PT United Tractors, PT TOP, PT SMM, PT ABB, PT KPP, dan PT EPN di Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng. Pendirian SMK Maharati merupakan salah satu bagian dalam Program Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan di area MCIP Kalteng.


Program ini difokuskan pada tiga aspek unggulan, yaitu karakter (kemampuan siswa dalam memiliki karakter/akhlak yang mulia), literasi (kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan menginterpretasikan pengetahuan), dan numerik (kemampuan siswa dalam memahami dan melakukan perhitungan matematis).


“Sebelum adanya SMK Maharati, kami para orang tua tak berani bermimpi untuk anak-anak kami. Harapan untuk memiliki masa depan yang lebih baik baru kami bisa miliki setelah adanya SMK Maharati,” ujar perwakilan orang tua murid, Apau U Nanjan dalam sambutannya.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Aswan, menyampaikan apresiasinya kepada PAMA Group dan TTA Group beserta Tim SMK Maharati atas wisuda perdana yang digelar untuk 54 siswa. “Terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan bagi PAMA Group, TTA Group, Tim SMK Maharati dan seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mendidik anak-anak hingga dapat lulus hari ini,” kata Aswan dalam sambutannya.


Pada acara wisuda angkatan pertama ini, tampak hadir beberapa tokoh seperti Ari Sutrisno dari Direktur PAMA, Mises dari Camat Kapuas Tengah, Herman dari Kepala Desa Buhut Jaya, Apau dari Ketua Komite SMK Maharati, Yusuf Tozirie Hidayat dari Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPAMDR), Direktur ABB, Perwakilan KPP, Perwakilan EPN, Perwakilan UT, dan Pimpinan Entitas PAMA Group di area operasional MCIP. (red)

Comments


bottom of page