top of page

Bappedalitbang Prov. Kalteng Jalin Kerja Sama dengan ITB dan UGM untuk Kemajuan Pembangunan Kalteng


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalimantan Tengah telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM) pada tanggal 3 April 2023 di Bandung dan 4 April 2024 di Yogyakarta. Kerjasama ini merupakan lanjutan dari kesepakatan MoU antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan ITB dan UGM, yang akan melibatkan kajian kontraktual pada tahun anggaran 2024.


Penandatanganan PKS dengan ITB dilaksanakan di Bandung pada 3 April 2024, dihadiri oleh Kepala Bappedalitbang Leonard S. Ampung, dekan-dekan dari ITB, serta beberapa dosen yang terlibat dalam penelitian. Sementara itu, penandatanganan PKS dengan UGM dilakukan di Yogyakarta pada 4 April 2024, dihadiri oleh Kepala Bappedalitbang Leonard S. Ampung, perwakilan dari UGM, dan kepala pusat studi terkait.


Leonard S. Ampung menjelaskan bahwa kajian yang akan dilakukan oleh ITB dan UGM akan membantu meningkatkan pembangunan di Kalimantan Tengah dengan memanfaatkan sumber daya alam secara efisien dan berkelanjutan serta meningkatkan modal manusia, pengetahuan, dan infrastruktur. Endah Sulistyawati dari ITB menyambut baik kolaborasi ini sebagai langkah strategis untuk memajukan sektor teknologi, konektivitas dengan Ibu Kota Nusantara, dan pariwisata di Kalimantan Tengah.


Tujuan utama kerja sama ini adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing dalam tatanan dunia baru. Endang Soelistiyowati dari UGM mengungkapkan kebanggaannya atas kontribusi UGM dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa, dan menekankan pentingnya sikap profesional bagi para peneliti yang terlibat. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page