top of page

Boleh Bawa Cagar Budaya Keluar Daerah? Kadisbudpar Kalteng Gelar Sosialisasi


Sumber : MMC Kalteng


Kalteng Network, Palangka Raya - Kegiatan sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerbitan Izin Membawa Cagar Budaya ke Luar Daerah yang dilaksanakan di Swsibel Hotel Danum Palangka Raya ini telah resmi dibuka pada Senin, (5/6/2023) kemarin. Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata, Adiah Chandra membacakan sambutan dari Sekretaris Daerah Kalteng, Nuryakin. Dalam sambutan yang dibacakan, Nuryakin mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dapat menyeragamkan SOP membawa Cagar Budaya di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

“Pemerintah Provinsi berwenang memberikan izin membawa Cagar Budaya keluar wilayah provinsi, guna meminimalisir berbagai resiko baik berupa kerusakan, kehilangan, kemusnahan yang disengaja dalam proses berpindahnya benda Cagar Budaya maupun objek yang diduga Cagar Budaya dari satu lokasi ke lokasi lainnya”, tutur Adiah.

Narasumber sosialisasi ini antara lain Pamong Budaya Ahli Muda Direktorat Pelindungan Kebudayaan Kemendikbudristek Albertus Napitupulu, Kepala DPMPTSP Prov. Kalteng Sutoyo serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari.


Adapun eserta sosialisasi berasal dari Pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten/kota, Pejabat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DMPTSP) kabupaten/kota, Kepala Kantor Imigrasi, Kepala Bandara dan Pelabuhan serta undangan lainnya.


Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Kalteng atau yang mewakili, Kepala DMPTSP kabupaten/kota se-Kalteng atau yang mewakili, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palangka Raya, Kepala Bandar Udara Palangka Raya, Sampit dan Pangkalan Bun juga turut hadir pada sosialisasi ini.


Kegiatan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa, (6/6/2023). Semoga sosialisasi ini dapat menyamakan persepsi dan pemahaman dalam mekanisme penerbitan Izin Membawa Benda Cagar Budaya ke luar Daerah. -red


Komentar


bottom of page