top of page

BPBPK Prov. Kalteng Gelar Simulasi Kebakaran Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana



Palangka Raya, Kalteng Network - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2023, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar simulasi penanganan keadaan darurat kebakaran di Kantor BPBPK Prov. Kalteng, Jalan Cilik Riwut Km. 7,8 Palangka Raya, Rabu (26/4/2023).

Plt. Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng Ahmad Toyib mengatakan simulasi penanganan keadaan darurat kebakaran ini dilaksanakan sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kebakaran, khususnya kebakaran pada gedung perkantoran, yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.


Ahmad Toyib menekankan kesiapsiagaan ini merupakan komponen utama dalam upaya pengurangan risiko bencana, salah satunya keadaan darurat kebakaran di gedung perkantoran serta evakuasi mandiri pegawainya bila terjadi kebakaran.

“Saya berharap simulasi penanganan keadaan darurat kebakaran ini bisa menjadi kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran perkantoran serta bisa melakukan evakuasi secara mandiri dan membudaya di kalangan pegawai, karena dengan berlatih simulasi ini, kita akan lebih siap dan lebih mantap bila menghadapi terjadinya kebakaran, dengan lebih siap kita akan mampu mengurangi risiko bencana yang terjadi,” ujarnya.


“Penanggulangan bencana selalu menekankan pada kesiapsiagaan, pencegahan dan kewaspadaan masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi potensi-potensi bencana,” tegasnya. Turut berpartisipasi dalam simulasi dan evakuasi, seluruh ASN, Pegawai Kontrak dan Relawan Pusdalops PB. -red

Comments


bottom of page