top of page

BPS Tunjuk Desa Banut Kalanaman Sebagai Desa Cantik


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Katingan mencanangkan Banut Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir sebagai Desa Cantik (cinta statistik).


Pencanangan desa tersebut dituangkan dalam rangkaian kegiatan pembinaan statistik sektoral, turut dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, George Heplin Edwar Doddy di desa setempat, Kamis (19/9/2024).


Kegiatan diawali dengan prosesi potong pantan, sebuah tradisi penyambutan tamu dari Suku Dayak, sebelum dilanjutkan dengan pemaparan dan peninjauan hasil pembinaan.

"Gelar desa cantik diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan data untuk pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran dalam upaya meningkatkan ketahanan sosial di Desa Banut Kalanaman," kata George Heplin Edwar Doddy.


Dijelaskan, kegiatan melibatkan tujuh agen statistik yang merupakan penduduk asli Desa Banut Kalanaman, yang telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari BPS. Pembinaan dilakukan dalam tiga tahapan penting, yaitu penyajian data, pengelolaan website desa, serta penyajian data melalui publikasi cetak.


"Kolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Katingan juga menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan website desa," imbuh dia.


Output utama dari kegiatan ini meliputi infografis data kependudukan dan publikasi cetak berupa buklet yang merupakan monografi Desa Banut Kalanaman. Selain itu, program ini berhasil meningkatkan kemampuan agen-agen statistik dalam literasi statistik dan penggunaan perangkat lunak desain grafis untuk penyajian data yang lebih menarik.


"Diharapkan Desa Banut Kalanaman dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pemanfaatan data statistik untuk pengembangan yang berkelanjutan," demikian mantan Kepala Badan Kesbangpol Katingan ini. -red

Comments


bottom of page