top of page

BPSDM Kalteng Gelar Bimtek Peta Proses Bisnis untuk Tingkatkan Kinerja ASN


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Suwanto, mewakili Gubernur Kalteng, membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Proses Bisnis yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalteng pada Senin (12/8/2024) di Aula BPSDM.


Dalam sambutannya, Sri Suwanto menyampaikan bahwa proses bisnis dalam suatu unit organisasi sering kali dianggap sulit, sehingga menghambat kinerja organisasi. Oleh karena itu, setiap unit organisasi memerlukan peta proses bisnis yang jelas untuk menggambarkan langkah-langkah yang harus diambil guna mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi.


Ia juga menekankan bahwa Reformasi Birokrasi bertujuan untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih profesional, efektif, efisien, dan akuntabel. "Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan peta proses bisnis yang menggambarkan proses kerja yang dilakukan oleh organisasi," ujarnya.


Sri menambahkan, berdasarkan Permenpan RB Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah, peta proses bisnis merupakan diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja yang sesuai dengan tujuan organisasi, yaitu memberikan hasil yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Inti, Isna Mariany, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan instansi pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, serta memudahkan komunikasi internal dan eksternal mengenai proses bisnis untuk mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi.


Isna juga menekankan bahwa instansi pemerintah perlu memiliki aset pengetahuan yang terintegrasi dan terdokumentasi dengan baik mengenai proses bisnis yang dijalankan. Aset pengetahuan ini menjadi dasar bagi pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan organisasi dan sumber daya manusia, serta penilaian kinerja.


Bimtek ini dilaksanakan secara klasikal selama tiga hari, dari 12 hingga 14 Agustus 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari berbagai dinas dan instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Fasilitator yang hadir berasal dari BPSDM Kementerian Dalam Negeri dan PPSDM Kemendagri Regional Bandung.


Acara tersebut dihadiri oleh Kepala PPSDM Regional Bandung, Indra Maulana, serta tim pengajar/fasilitator dari BPSDM Kemendagri, PPSDM Kemendagri Regional Bandung, pejabat manajerial dan non-manajerial dari BPSDM Provinsi Kalteng, dan peserta Bimtek perwakilan dari dinas/instansi lingkup Pemprov Kalteng. -red




Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page