top of page

Budaya Murung Raya Harus Dilestarikan untuk Generasi Muda



KALTENG NETWORK, MURUNG RAYA - Anggota DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph dan Bebie, hadir langsung dalam karnaval budaya yang diadakan oleh pemerintah daerah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-22 Kabupaten Murung Raya, Sabtu (3/8).


Menurut Heriyus, karnaval budaya ini bukan hanya sebagai sarana promosi budaya, tetapi juga sebagai wadah bagi seniman dan budayawan untuk terus berinovasi, berkreasi, dan memperkenalkan kearifan lokal serta menarik wisatawan lokal maupun luar daerah.


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan karnaval budaya ini yang bertujuan untuk mengangkat budaya lokal, sebagai sarana promosi budaya, serta sebagai wadah bagi seniman dan budayawan untuk terus berinovasi dan memperkenalkan kearifan budaya, serta menarik wisatawan lokal maupun dari luar daerah,” ujar Heriyus.


Politis PDIP Mura ini berharap seni budaya di Murung Raya dapat terus dilestarikan, mengingat potensi budaya di daerah ini sangat beragam.


“Sehingga generasi penerus tidak kehilangan jati diri, dan dapat mempertunjukkan berbagai kesenian yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Dayak Kabupaten Murung Raya,” jelasnya.


Anggota DPRD Murung Raya, Bebie, menambahkan bahwa sebagai bentuk dukungan, dirinya dan Heriyus M Yoseph memberikan hadiah tambahan untuk juara favorit I dan II.


“Selain hadiah yang disediakan pemerintah dengan berbagai kategori, kami juga menambahkan hadiah untuk juara favorit I dan II,” ujar Bebie, seraya mengajak seluruh masyarakat Murung Raya untuk terus melestarikan budaya tradisional.


“Potensi budaya di Murung Raya sangat beragam, sayang jika tidak dilestarikan, karena ini adalah peluang kita untuk mengembangkan nilai-nilai budaya yang dapat mengangkat derajat daerah kita,” tambahnya.


Karnaval budaya diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari 41 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 10 peserta dari kecamatan dan umum, serta tujuh dari kategori sekolah. -red




Foto: Pro Kalteng

Comments


bottom of page