top of page

Bupati Katingan Hadiri Koordinasi Nasional, Perkuat Sinergi Jaga Netralitas ASN


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Penjabat Bupati Katingan, Sutoyo didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang menghadiri Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah dalam Menjaga Netralitas ASN pada Pemilu Serentak 2024. Kegiatan digelar Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) bertempat di Ecovention Ancol, Jakarta, Selasa (17/9/2024).


Kegiatan itu bertujuan memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan Bawaslu dan memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama proses pemilu. Acara tersebut juga dihadiri oleh para kepala daerah, pejabat pemerintah, dan perwakilan Bawaslu dari seluruh Indonesia.


Beberapa kepala daerah yang hadir juga berbagi pengalaman terkait langkah preventif yang telah diambil, seperti melakukan sosialisasi intensif mengenai aturan netralitas ASN di daerah masing-masing, serta membentuk tim pemantau yang bertugas mengawasi potensi pelanggaran netralitas ASN.


Koordinasi tersebut diharapkan dapat memperkuat upaya pencegahan pelanggaran netralitas ASN, serta menjaga kestabilan politik di tingkat daerah selama masa pemilu.


Pj Bupati Katingan, Sutoyo mengatakan, pentingnya netralitas ASN demi menjaga integritas Pemilu Serentak 2024. Ia juga menyampaikan bahwa netralitas ASN adalah salah satu kunci dalam menciptakan proses pemilu yang adil dan demokratis.


"Acara ini menjadi ruang bagi para pejabat untuk berdiskusi dan memperdalam pemahaman tentang pentingnya menjaga independensi ASN dari pengaruh politik. Dengan sinergi yang kuat antara Bawaslu, pemerintah daerah dan masyarakat, diharapkan Pemilu Serentak 2024 dapat berjalan lancar dan melahirkan pemimpin-pemimpin yang terpilih melalui proses demokrasi yang bersih," demikian Sutoyo.rul -red

Comments


bottom of page