top of page

Ketagihan Sosmed? Ini yang Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Mindless Scrolling

Updated: Sep 1, 2022





“ Pernahkah kam membuka sosial media tanpa tujuan yang jelas dan akhirnya hanya men-scroll timeline selama berjam-jam? Hati-hati! Hal ini disebut mindless scrolling.”

Mindless scrolling berbahaya karena menguras waktu dan dapat berdampak pada kesehatan mental kita.


Mengapa kita mindless scrolling?


Media sosial adalah lautan konten yang tidak ada habisnya. Penggunanya pun meningkat pesat semenjak pandemi. Media sosial seperti TikTok, sangat mengakomodir penggunanya untuk melakukan mindless scrolling dengan fitur FYP (For Your Page). Ditambah Instagram dan Youtube yang ikut-ikutan membuat fitur serupa, dengan memperkenalkan Reels dan Shorts. Pembaca Cerdas pasti sudah tahu bahwa mindless scrolling tidaklah baik. Namun, mengapa seperti sulit sekali untuk lepas darinya?


Hal ini dikarenakan otak manusia sebenarnya didesain untuk menyukainya. Ketika memulai mindless scrolling, kita mengaktifkan bagian otak yang mendorong kita untuk terus melakukannya. Inilah mengapa sulit untuk berhenti sekali kita memulai mindless scrolling. Membuka sosial media memang membuat otak melepas hormon dopamine dan serotonin yang bertanggung jawab untuk rasa bahagia. Kedua hormon ini juga dihasilkan apabila mengonsumsi obat-obatan adiktif!


Lalu, bagaiamanakah cara untuk menghindarinya? Berikut adalah beberapa hal yang Pembaca Cerdas bisa lakukan.



1. Benahi Cara Anda Menggunakan Ponsel


Tidak bisa kita pungkiri, lepas dari ponsel adalah hal yang hampir tidak mungkin. Sekolah, kuliah, pekerjaan dan kehidupan semuanya dapat diatur melalui ponsel. Namun, mindless scrolling dapat dihindari dengan membenahi cara kita menggunakan ponsel. Jangan langsung mengecek ponsel ketika bangun tidur dan jangan buka ponsel 2 jam sebelum tidur. Tetapkan tujuan ketika Anda membuka ponsel. Misalnya, ingin menghubungi si A, mengecek pekerjaan, atau memesan makanan. Jangan buka ponsel tanpa tujuan yang jelas atau karena sekedar bosan!


Jika Anda terlanjur membuka ponsel saat sedang luang, cobalah bersihkan ruang penyimpanan Anda. Hapus foto, video, atau dokumen lama. Tips! biasanya file yang tidak begitu penting berada pada screenshots atau foto dan video dari Whatsapp. Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak begitu penting. Hapus juga aplikasi yang sudah tidak Anda pakai lagi.


Masih belum lepas juga dari mindless scrolling? Cobalah gunakan alarm atau timer untuk membatasi waktu Anda berselancar di dunia maya. Cara ini cukup efektif karena ketika terjebak mindless scrolling, otak kita perlu stimulan untuk mengembalikanya ke dunia nyata.


2. Lakukan Hobi Anda


Ingatlah kembali hobi atau hal-hal baru yang ingin Anda coba tapi selama ini belum ada kesempatan. Bagaimana dengan resep makanan yang sudah lama ingin Anda coba? Atau peralatan kerajinan yang sudah Anda beli minggu lalu? Membaca buku baru yang sudah berdebu di lemari? Memulai olahraga kembali? Tersedia ribuan video tutorial olahraga yang bisa Anda mulai di rumah. Atau Anda sudah lama tidak bernyanyi? Anda bisa menyetel home karaoke di rumah loh!!. Sudah saatnya buku gambar Anda dibuka kembali. Sudah saatnya Anda menyelesaikan puisi dan tulisan yang belum selesai kemarin.


3. Bersihkan dan Organisir Kembali Tempat Tinggal Anda


Sudah berapa lama karpet Anda tidak dicuci? Apakah gorden rumah Anda perlu diganti? Mungkin ini saatnya mencuci sarung bantal sofa Anda juga! Sudah saatnya Anda membuang sampah yang teronggok di pinggir kamar. Cobalah sortir isi lemari pakaian Anda. Pilah pilih baju yang masih dipakai dan tidak.


Mungkin Anda berkenan menyumbangkan pakaian lama Anda pada yang lebih membutuhkan. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada lemari buku. Anda akan terkejut betapa banyak ruang kosong yang siap diisi dengan koleksi baru! Coba susun Kembali perabotan di rumah Anda untuk menghadirkan suasana baru. Atau Anda tertarik mengganti warna cat dinding? Tempat tinggal yang rapi dapat meningkatkan suasana hati loh, Pembaca Cerdas!


4. Puasa Media Sosial


Anda masih belum bisa juga menghilangkan kebiasaan mindless scrolling? Mungkin sudah saatnya Anda mengambil jeda dari media sosial. Hapus semua media sosial Anda untuk sementara waktu. Hal ini membutuhkan waktu minimal 3 hari agar terasa efeknya. Awalnya memang sedikit membosankan, tapi pada akhirnya Anda akan menikmati ketenangan yang ada. Jika sebelumnya otak kita “mengemis” dopamine dari mindless scrolling, sekarang otak Anda akan mendapatkan dopamine dari ketenangan tanpa media sosial. Pada akhirnya Anda tidak memerlukan mindless scrolling hanya untuk merasa bahagia. Waktu yang awalnya disedot oleh mindless scrolling, kini bisa anda alihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat dan bermakna.


Gimana nih pembaca cerdas? Tetap semangat untuk mengisi hari-hari tanpa mindless scrolling ya! Yuk mulai praktekkan tips-tips ini!

Comments


bottom of page