top of page

Data Berkualitas, Pembangunan Merata: Pemprov Kalteng Tingkatkan Kapasitas Statistik


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi membuka kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Lingkungan Provinsi Kalteng dan Walidata Kabupaten/Kota se-Kalteng Tahun 2024, yang berlangsung di Hotel Neo Palma Palangka Raya, pada Kamis (29/8/2024).


Dalam sambutannya, Kepala Diskominfosantik, Agus Siswadi, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sistem statistik di Kalimantan Tengah. Statistik yang dihasilkan oleh pemerintah daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, merupakan landasan penting dalam perencanaan pembangunan, evaluasi kinerja, dan penyusunan kebijakan publik berbasis data.


Agus Siswadi menyoroti pentingnya peningkatan kapasitas dalam pengelolaan data. “Melalui sosialisasi ini, saya berharap para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola, menganalisis, dan menyajikan data statistik. Ini penting agar data yang dihasilkan sesuai standar dan efektif digunakan dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.


Ia juga menekankan pentingnya koordinasi dan kolaborasi antarinstansi. “Penyelenggaraan statistik tidak bisa dilakukan oleh satu instansi saja. Diperlukan koordinasi dan kolaborasi yang kuat antara perangkat daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menghasilkan data yang komprehensif dan terintegrasi,” tambahnya.


Kepala Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Patris, dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya statistik sektoral dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan kapasitas kelembagaan dalam pengelolaan data statistik sektoral sesuai prinsip satu data Indonesia, serta memperkuat koordinasi antarperangkat daerah di Provinsi Kalteng dan walidata kabupaten/kota dalam mendukung sistem statistik nasional.


Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan perangkat daerah di Provinsi Kalteng dan walidata kabupaten/kota se-Kalteng, dengan narasumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng. Acara dihadiri oleh Pejabat Administrator Diskominfosantik Provinsi Kalteng, narasumber, dan peserta kegiatan. -red




Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page