top of page

DESDM Prov. Kalteng Sosialisasi Bangun PLTS di 158 Desa untuk Capai Target Energi Bersih


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Tengah (DESDM Prov. Kalteng) mengadakan Rapat Verifikasi dan Sosialisasi Rencana Pembangunan Fisik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tersebar dan Penerangan Jalan Umum (PJU) PLTS untuk Tahun Anggaran 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, di Aula Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari Senin (5/2/2024).


Rapat yang dipimpin oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Tengah, Vent Christway, dan dihadiri oleh Camat, Lurah, serta Kepala Desa dari seluruh Kalimantan Tengah, berlangsung selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 5 hingga 7 Februari 2024.


Dalam pidatonya, Vent Christway menegaskan bahwa pengembangan sistem kelistrikan di Kalimantan Tengah menjadi salah satu prioritas utama pemerintah Provinsi, yang dijalankan oleh Dinas ESDM dalam upaya mencapai visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026.


"Pada tahun 2024, rencananya akan dibangun PLTS di 158 Desa di 48 Kecamatan, untuk melayani 20.986 Rumah Tangga dan 5.500 Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Sambungan. Program ini juga akan memberikan kontribusi dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk mencapai target 'Net Zero Emission' (NZE) pada tahun 2060 di Provinsi Kalimantan Tengah," ujarnya.


Christway menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kalimantan Tengah, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Daerah Rencana Umum Energi Daerah (RUED), yaitu dengan memberikan akses yang luas kepada masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, untuk turut serta dalam pencapaian target program RUED, terutama dalam hal peningkatan penggunaan energi baru terbarukan.


Di akhir sambutannya, Christway berharap agar melalui rapat ini dapat diperoleh data, masukan, dan saran yang positif guna mendukung pelaksanaan Rencana Pembangunan Fisik PLTS Tersebar dan PJU TS untuk Tahun Anggaran 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah.


Kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan akses listrik di daerah, serta membuktikan komitmen pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendukung penggunaan energi terbarukan untuk mencapai target emisi bersih di masa depan.


Peran serta keaktifan masyarakat juga sangat penting dalam menyukseskan program ini, sehingga kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam pengembangan infrastruktur energi terbarukan di daerah tersebut. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page