top of page

Dewan sebut potensi budidaya ikan wilayah dapil III masih terkendala pasokan bibit ikan

Updated: Dec 5, 2023



KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Permasalahan perikanan di daerah pemilihan (dapil) III masih kerap dirasakan masyarakat, khususnya perihal bibit ikan yang masih menjadi kendala utama.


Dapil III yang meliputi Kecamatan seruyan tengah, seruyan hulu, batu ampar dan suling tambun ini menurut Anggota DPRD Seruyan Nardi mengatakan sektor budidaya di wilayah setempat masih sangat potensial hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya kolam-kolam ikan budidaya milik masyarakat.


"Perihal perikanan di dapil III masih sangat potensial, namun terkendala dengan pasokan bibit yang masih saja menjadi masalah utama para pembudidaya, harapnya pemerintah melalui dinas terkait ikut serta dalam mencarikan solusi terkait permasalahan ini," Kata Nardi.


Dikatakannya, bahwa selama ini masyarakat di wilayah setempat hanya mengandalkan bibit-bibit ikan lokal seperti Patin dan lain sebagainya. Sementara menurutnya, banyak jenis-jenis ikan budidaya yang bernutrisi serta mempunyai nilai jual tinggi yang bisa dikembangkan.


Maka dari itu, dirinya berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa melakukan kerja sama dan membantu masyarakat untuk mendapatkan bibit ikan unggul.


"Kalau mereka bisa mengembangkan jenis ikan yang notabene unggul, artinya mempunyai nilai jual yang tinggi dan mudah dalam hal pemasaran, saya rasa itu akan sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (Rfn)

Comments


bottom of page