top of page

Dinas Pendidikan Katingan Gelar Pemilihan Duta Baca


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Pemilihan Duta Baca Tingkat SMA/SMK/MA. Pj Bupati Katingan, Sutoyo diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Feriso, membuka secara resmi kegiatan di Aula Bappedalitbang setempat, Jumat (23/8/2024).


Acara ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, Bunda Literasi Kabupaten Katingan, Para Dewan Juri dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Firmanto).


Kemudian turut hadir juri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Nurul Qamari Aar dan dari Kementerian Agama Kabupaten Katingan Siti Patimah, Penanggung Jawab Kegiatan Pemilihan Duta Baca, Kepala Sekolah dan Guru Pendamping.


Kegiatan pemilihan duta baca tingkat SMA/SMK/MA di Kabupaten Katingan Tahun 2024 ini dilaksanakan dalam rangka memantapkan pengembangan perpustakaan di kabupaten katingan.


"Kegiatan ini juga wadah untuk mengkampanyekan budaya baca yang menjadi literasi sebagai kegiatan menarik, mengajak pelajar mengunjungi perpustakaan serta mewujudkan masyarakat yang cerdas," sebut Feriso.


Tak hanya itu, lanjut dia, pemilihan duta baca juga sebagai bentuk berpartisipasi dalam pengembangan dan pembudayaan gemar membaca di lingkungan sekolah.


Ditekankan juga bahwa, kegiatan itu salah satu upaya meningkatkan apresiasi pelajar tingkat SMA/SMK/MA terhadap perpustakaan dan pentingnya perpustakaan sebagai sumber informasi, menginformasikan kegiatan perpustakaan kepada masyarakat agar lebih mengenal manfaat perpustakaan sebagai sumber informasi dan warisan budaya bangsa.


"Tentu itu untuk membantu perpustakaan sekolah dalam membudayakan gemar membaca serta menyosialisasikan pentingnya perpustakaan sekolah dan membudayakan gemar membaca," lugas dia.


Dia berharap, agar para peserta yang hadir pada hari ini agar dapat bersungguh-sungguh dan gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, supaya nantinya dalam mensosialisasikan budaya baca dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing maupun di lingkungan masyarakat. "Semoga kegiatan pemilihan duta baca ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua," demikian Feriso. -red

留言


bottom of page