top of page

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah dan UGM Menandatangani Kesepakatan Kerjasama


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengadakan pertemuan dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada hari Kamis, 2 November 2023. Dalam acara ini, 12 Kepala Organisasi Perangkat Daerah di bawah Pemprov Kalteng bersama Wakil Dekan dari beberapa fakultas UGM Yogyakarta telah menandatangani perjanjian kerja sama di Ruang Multimedia 2, Gedung Pusat Rektorat UGM, Yogyakarta.


Kerja sama ini adalah kerja sama teknis antara Perangkat Daerah di bawah Pemprov Kalteng dan beberapa fakultas di UGM yang melibatkan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua belah pihak menyadari bahwa sumber daya alam yang dimiliki negara memiliki nilai strategis karena terhubung dengan pasar dan komunitas internasional saat ini dan di masa depan. Oleh karena itu, hilirisasi sumber daya alam menjadi sangat penting untuk mempercepat transformasi ekonomi nasional.


Penandatanganan komitmen ini dilakukan dengan disaksikan oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, dan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Wening Udasmoro.


Salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang terlibat dalam penandatanganan PKS adalah Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, yang menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Kerja sama ini melibatkan pengembangan produk perkebunan unggulan berdasarkan kondisi lahan dan wilayah tertentu, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), pengembangan teknologi informasi, perluasan jaringan pemasaran, pengembangan teknologi pengolahan, serta penguatan layanan pengujian mutu produk perkebunan. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup fasilitasi untuk pelaku usaha di sektor perkebunan dalam hal akses informasi, potensi, dan kemitraan usaha.


Gubernur H. Sugianto Sabran menyatakan komitmennya untuk mendukung Era Transformasi Digital 4.0 serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat. Kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat berbagai program pembangunan di berbagai sektor di Kalteng sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.


Wakil Rektor UGM, Wening Udasmoro, memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk pembangunan Kalteng, khususnya di sektor perkebunan.


Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, H. Rizky R Badjuri, menyambut baik komitmen UGM untuk mendukung pengembangan SDM di Kalteng agar mampu menghasilkan inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan SDM di Provinsi Kalteng.


Provinsi Kalteng memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama dalam sektor perkebunan, seperti kelapa sawit dan karet, serta kelapa dalam, kopi, kakao, dan lada. Melalui PKS ini, diharapkan SDM di Kalteng dapat ditingkatkan untuk lebih berdaya saing.


Penandatanganan PKS dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur, dan Civitas Akademika UGM. Gubernur Kalteng didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, Sekretaris Daerah Nuryakin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Herson B. Aden, serta para Kepala OPD terkait.

コメント


bottom of page