top of page

Dinkes Kalteng Geber Jambore Kader Posyandu : Upaya Pemerintah untuk Perkuat Kesehatan Masyarakat


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengadakan Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa, Palangka Raya pada Selasa (21/11/2023). Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Fery Iriawan, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng menekankan bahwa Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu memiliki tujuan utama untuk mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi selama kehamilan, persalinan, atau pasca persalinan melalui pemberdayaan masyarakat.


Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Posyandu akan mengalami transformasi menjadi Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP), yang akan melayani seluruh siklus hidup, mulai dari ibu hamil, bayi, balita, anak pra sekolah, remaja, usia produktif, hingga lansia. Program Posyandu Holistik Integratif menjadi inovasi daerah dalam strategi pemberdayaan yang layak dikedepankan, dengan mengintegrasikan Posyandu dengan layanan sosial lainnya secara terpadu.


Diketahui, Posyandu Holistik Integratif adalah upaya revitalisasi Posyandu yang diintegrasikan dengan berbagai jenis layanan sosial di desa, sambil tetap mempertahankan fungsinya sebagai wadah program kesehatan masyarakat. Kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 diselenggarakan sebagai rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-59, bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar kader dan sektor kesehatan. Kader Posyandu memiliki peran penting dalam penyediaan layanan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, termasuk kunjungan rumah dan edukasi terkait pola asuh balita.


Pentingnya peran kader ini tidak hanya dalam aspek kesehatan, tetapi juga dalam upaya pencegahan stunting pada generasi penerus. Kepala Dinas Kesehatan berharap bahwa Jambore Kader Posyandu ini dapat memotivasi para kader untuk bekerja lebih semangat dalam melayani masyarakat.


Dalam mendukung transformasi kesehatan dan pencegahan stunting di Kalimantan Tengah, kader Posyandu diundang untuk bersama-sama mewujudkan generasi sehat yang mampu bersaing di masa depan, serta membangun Kalteng yang makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis). -red



Sumber : mmc.kalteng)

Comments


bottom of page