top of page

Disbudpar Kalteng Gelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Destinasi Pariwisata



Kalteng Network, Palangka Raya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng menggelar kegiatan yang melibatkan pelaku usaha dan pengelolaan daya tarik wisata di daerah Destinasi Pariwisata Provinsi, dengan mengusung tema “Manajemen Pengelolaan Daya Tarik Wisata”, yang dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Prov. Kalteng, bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (11/5/2023).


Kadisbudpar Prov. Kalteng Adiah Chandra Sari dalam sambutannya mengatakan, bentuk program kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Destinasi Wisata Provinsi diharapkan mampu mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim yang baik bagi tumbuh kembangnya kepariwisataan.

“Hal ini tentunya selaras dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, maju, mandiri dan adil untuk kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalimantan Tengah BERKAH” ucapnya.


Penjabaran visi tersebut sesuai dengan misi pada sosial budaya, peningkatan sarana prasarana wisata, pengembangan obyek wisata dan pendidikan kepariwisataan. Kalimantan Tengah memiliki potensi pariwisata luar biasa, banyak lokasi yang bisa dijadikan tujuan wisata unggulan dan memiliki nilai jual kepada wisatawan nusantara maupun manca negara.

“Terdapat banyak lokasi untuk tujuan wisata di Kalteng, seperti di Lamandau, Murung Raya, Kota Palangka Raya, Katingan, Pulang Pisau dan Kapuas, serta tempat-tempat lainnya” sebutnya.


Namun tentu saja banyak hal yang masih menjadi tantangan untuk kita, salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM), oleh karena itu kita bersama-sama perlu mencarikan jalan keluar, untuk peningkatan kapasitas SDM pariwisata.

“Melalui pertemuan seperti ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman-pemahaman kepada pelaku industri pariwisata dalam peningkatan SDM pariwisata yang berdaya saing” pungkasnya.


Pada kesempatan yang sama ketua panitia Adi Riswandi melaporkan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun pariwisata berkelanjutan serta meningkatkan kompetensi SDM Pariwista yang berdaya saing, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada wisatawan/pengunjung. Narasumber pada kegiatan ini dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Prov. Kalteng Farid Wajdi.


“Kegiatan pada hari ini diikuti oleh sebanyak 60 orang peserta dari Pengelola Daya Tarik Wisata,, Pelaku Usaha Pariwisata, Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Mitra Usaha, serta Pemilik Cafe dan Restoran” ungkapnya. -red

Comments


bottom of page