top of page

Disbudpar Kalteng Pasang Spanduk Sapta Pesona & Ajak Patuhi CHSE di Destinasi Palangka Raya


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dalam upaya mengantisipasi potensi peningkatan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) telah memasang spanduk imbauan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) di sejumlah titik Daya Tarik Wisata (DTW) di kota Palangka Raya pada hari Senin (18/12/2023).


Lokasi DTW yang terpasang spanduk meliputi Danum Bahandang, Wisata Tahai 28, Matan Andau, Agrowisata Manasa, dan Dermaga Kereng Bangkirai.


Adiah Chandra Sari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menjelaskan bahwa tindakan ini diambil sebagai upaya pengingat kepada masyarakat yang berencana berwisata menjelang Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan, terutama penggunaan masker.


"Langkah ini sejalan dengan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/MENKES/1042/2023 tanggal 6 Desember 2023, di mana Daya Tarik Wisata dianggap sebagai tempat umum yang wajib mematuhi aturan penggunaan masker," katanya.


Selain memberikan imbauan mengenai pentingnya protokol kesehatan, Disbudpar Kalteng juga gencar mengkampanyekan konsep "Sapta Pesona," yang terdiri dari tujuh unsur utama, yaitu Aman, Bersih, Tertib, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan.


"Melalui konsep Sapta Pesona ini, kami bertujuan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi setiap pengunjung Daya Tarik Wisata, sehingga masyarakat yang berlibur bersama keluarga dapat menikmati waktu liburan dengan penuh kesenangan dan kualitas," tambahnya.


Langkah yang diambil oleh Disbudpar Kalteng sangat tepat untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat wisata yang menjadi potensi kerumunan. Selain itu, kampanye "Sapta Pesona" juga memberikan nilai tambah dalam menciptakan pengalaman liburan yang positif dan aman bagi pengunjung. Diharapkan upaya ini dapat membantu menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat di tengah pandemi. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page