top of page

Diskominfosantik: Central Kalimantan Expo sebagai media promosi dan transaksi produk UMKM


Kalteng Network, Palangka Raya - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) turut memeriahkan Kalteng Expo tahun 2023 yang digelar di arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya dari tanggal 17 s.d. 21 Mei 2023 mendatang.


Dalam Kalteng Expo tahun ini Dikominfosantik kembali mengadakan Podcast bertemakan “Central Kalimantan Expo sebagai media promosi dan transaksi produk UMKM” yang pada hari pertama menghadirkan Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng sebagai narasumber Agus Siswadi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Kalteng Aster Bonawaty serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Candra Sari.

Podcast juga digelar pada hari kedua kegiatan Kalteng Expo (18/05) dengan Penyuluh Perindag Ahli Madya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Pipit A. Ningrum sebagai narasumber dan Noriko Yunanto didaulat sebagai moderator.


Foto: Hari kedua Podcast


Dalam paparannya, Pipit menyampaikan kebijakan umum Pemprov Kalteng dalam pengembangan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yakni melalui pelatihan, bimbingan teknis, bantuan peralatan, manajemen usaha, promosi pameran serta pemasaran melalui Dekranadda Prov. Kalteng. Selain itu juga melalui penguatan daya saing dengan pendampingan mulai dari ijin usaha, desain kemasan, sertifikat halal, sertifikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) serta Upaya Pengelolaan Lingkungan (UPL) IKM.


Lebih lanjut dijelaskan, pertumbuhan IKM di Kalteng, pada tahun 2017 hanya sekitar 7,688 jumlah IKM (Unit), terjadi peningkatan pada tahun 2021 menjadi 9,647 jumlah IKM (Unit). Sementara jumlah tenaga kerja IKM (Unit) pada tahun 2017 hanya 21,269 dan mengalami peningkatan pada tahun 2021 menjadi 31,249.


Pada kesempatan tersebut, dijelaskan juga pemasaran melalui Dekranasda Prov. Kalteng. Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu, melalui Dekranasda sebagai upaya meningkatkan kehidupan pelaku usaha yang sebagian merupakan kelompok UKM serta sebagai mitra kerja pemerintah dengan misi melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan.


Pipit berpesan kepada pelaku UMKM sebagai peserta pameran harus menata stand sebagai banding tempat menggelar produknya, sehingga mampu menarik pengunjung untuk mendekat, melihat dan diharapkan akhirnya melakukan pembelian.


Sebagai informasi, IKM adalah suatu bidang usaha yang menghasilkan segala macam jenis produk yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan aktivitas makhluk hidup ataupun yang lainnya. Adapun Usaha Kecil dan Menangah (UKM) sebagai suatu usaha yang melakukan aktivitas dalam bentuk menjual kembali berbagai jenis produk yang dihasilkan oleh IKM atau warung besar. Selain itu, UKM umumnya melakukan kegiatan (aktivitas) dalam bidang jasa juga seperti laundry, perbaikan alat elektronik, mesin dan lain sebagainya.


Selain itu, di stand Diskominfosantik Prov. Kalteng juga diadakan kontes foto selfi dan kuiz bagi pengunjung Kalteng Expo. Syaratnya mudah dengan mengisi buku tamu dan mengakses kuiz melalui QR Code yang disediakan oleh panitia. Doorprize menarik disediakan oleh panitia serta merchandise menarik dan voucher pulsa senilai Rp. 50.000 akan diberikan kepada lima orang pemenang yang beruntung. -red

Comments


bottom of page