top of page

Diskominfosantik Kalteng Dukung BPS Gelar Kolaborasi Sistem Statistik Nasional di Bali


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfosantik Prov. Kalteng), Agus Siswadi, menerima kunjungan kerja dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Kalteng, Agnes Widiastuti, beserta jajaran di Ruang Kerja Kadis Kominfosantik Prov. Kalteng pada Senin, 8 Juli 2024.


Pertemuan ini bertujuan untuk membahas kerja sama dalam Kolaborasi Sistem Statistik Nasional. Kepala BPS Kalteng, Agnes Widiastuti, meminta dukungan dari Diskominfosantik Kalteng terkait surat dari Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Nomor B67/03000/PS.200/2024 tanggal 3 Juni 2024 tentang Undangan Peserta Walidata Tingkat Daerah pada Kolaborasi Sistem Statistik Nasional.


Agnes Widiastuti menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis, pada 10-11 Juli 2024 di The Stones Hotel-Legian Bali. Kegiatan ini dilakukan dengan mekanisme cost-sharing antara BPS sebagai penyelenggara dan dinas yang menangani urusan statistik (walidata) tingkat provinsi.


Dari Diskominfosantik Prov. Kalteng, yang diundang sebagai peserta adalah Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Statistik dan Sistem Informasi, Charly L. Illem, serta Pranata Komputer Ahli Madya, Ari Gunadi Palilu.


Dalam kegiatan tersebut, akan diadakan diskusi panel dengan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri mengenai Pemanfaatan Data Statistik Sektoral pada e-Walidata Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), dari Kementerian PANRB terkait Tata Kelola Data Berbasis Arsitektur SPBE untuk Mewujudkan Pemerintahan Digital yang Efektif, Lincah, dan Kolaboratif, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Kebijakan Penerapan Interoperabilitas Data Statistik di tingkat Daerah, serta dari Kementerian PPN/Bappenas mengenai Perkembangan Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Tingkat Daerah.


Diskusi panel juga akan menghadirkan Direktur Diseminasi Statistik mengenai Penguatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Pemerintah Daerah, dan Deepa Wright (ABS Strategic Partnership Manager, Data Strategy - Statistics Indonesia) tentang Data Stewardship and The National Statistical System in Australia.


Diskusi panel akan dilanjutkan oleh Kepala Bappeda Provinsi Bali mengenai Penyelenggaraan Forum Satu Data Bali, serta Kepala Diskominfos Provinsi Bali mengenai Penyediaan Data Statistik Sektoral pada Pemerintah Provinsi Bali.


Rangkaian acara akan ditutup dengan Penandatanganan Komitmen bersama terkait Penyediaan Data Statistik Sektoral yang Berkualitas.


Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi, berkomitmen mendukung urusan statistik sektoral dalam menyusun, mengolah, dan mengumpulkan metadata sektoral untuk keakuratan data statistik, sehingga data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.


Kegiatan statistik sektoral meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral di tingkat provinsi, baik secara elektronik maupun manual, untuk memenuhi kebutuhan data dalam perencanaan daerah dan mengukur kemajuan pembangunan daerah, khususnya di tingkat provinsi. -red



Foto : mmc.kalteng

Comments


bottom of page