top of page

Diskominfosantik Kalteng Siap Kolaborasi Wujudkan Sistem Statistik Nasional Efektif


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Komunikasi Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) turut menandatangani komitmen bersama terkait penyediaan data statistik sektoral yang berkualitas dan berkelanjutan guna mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien. Penandatanganan ini merupakan bagian dari kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional yang berlangsung pada Rabu-Kamis, 10-11 Juli 2024, di The Stones Hotel-Legian Bali, Autograph Collection, Bali.


Jajaran Diskominfosantik Prov. Kalteng yang hadir sebagai peserta adalah Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Statistik dan Sistem Informasi Charly L. Illem serta Pranata Komputer Ahli Madya Ari Gunadi Palilu.


Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala BPS Provinsi Bali, Endang Retno Sri Subiyandani, yang menekankan bahwa statistik berkualitas dimulai dari proses yang juga berkualitas. Data berperan penting dalam pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, hingga evaluasi pembangunan.


Kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya statistik di kalangan pengambil kebijakan, menjadi wadah koordinasi dan kolaborasi untuk menjawab tantangan dan peluang dalam penyelenggaraan statistik. Harapannya, semua pihak dapat berpartisipasi aktif dan kegiatan ini bisa dijadwalkan secara rutin.


Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi, dalam sambutannya mengungkapkan tantangan dalam pembangunan sistem statistik nasional, seperti semakin kompleksnya kebutuhan data statistik, berkembangnya sumber data, dan perlunya pengelolaan data yang baik untuk meningkatkan kualitas data.


“Kolaborasi dalam Sistem Statistik Nasional (SSN) diarahkan untuk membangun kapasitas penyelenggara statistik, sumber data, dan literasi statistik dalam penyelenggaraan statistik dan perumusan kebijakan,” ujarnya.


Rangkaian kegiatan Kolaborasi SSN 2024 di Bali pada 10-11 Juli 2024 ini mencakup Diskusi Panel dengan beberapa sesi. Acara yang diinisiasi oleh BPS RI ini diikuti oleh para Walidata Tingkat Daerah se-Indonesia. -red



Foto : mmc.kalteng

Comentários


bottom of page