top of page

Diskominfosantik Provinsi Kalteng Selenggarakan Pelatihan Super Apps "KALTENG BERKAH"



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dalam upaya mencapai efisiensi dan meningkatkan pelayanan masyarakat melalui digitalisasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosantik) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Super Apps KALTENG BERKAH. Acara ini dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Litbang Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Selasa, 5 Desember 2023.


Agus Siswadi, Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, menyampaikan bahwa Bimtek Super Apps Kalteng Berkah merupakan langkah progresif untuk mendukung pembangunan di Kalimantan Tengah. Beliau menjelaskan bahwa Provinsi ini telah memiliki puluhan aplikasi pelayanan yang mencakup berbagai sektor pemerintahan. Dengan adanya Aplikasi KALTENG BERKAH, diharapkan dapat menciptakan suatu sistem terintegrasi antar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi Kalteng.


Aplikasi KALTENG BERKAH mencakup 50 fitur pelayanan dan informasi yang terkait dengan 20 SKPD, mencakup berbagai aspek seperti Pengaduan Masyarakat, Pendidikan, Fasilitas Umum, Ketenagakerjaan, Kependudukan, Kesehatan, Koperasi dan UMKM, Informasi Pelayanan Perizinan, hingga Pariwisata.


Agus menegaskan bahwa ke depannya, akan terus dilakukan pengembangan dan peningkatan fitur-fitur dalam aplikasi ini, sehingga mencakup seluruh pelayanan di setiap Organisasi Perangkat Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah.


Menurut Agus, pembangunan Aplikasi KALTENG BERKAH tidak hanya akan membantu menciptakan pemerintahan yang efisien, tetapi juga akan memperkuat posisi Kalimantan Tengah dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan dinamika dan kompleksitas.


"Saya yakin, dengan sinergi dan komitmen kita, Satu Data akan menjadi instrumen yang mampu mengoptimalkan kinerja pemerintahan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Semoga acara ini dapat menjadi langkah awal yang positif menuju terwujudnya pemerintahan yang lebih efisien, terbuka, dan berdaya saing," ungkapnya.


Dalam acara tersebut, tampak hadir administrator masing-masing Perangkat Daerah dan Biro Lingkup Provinsi Kalimantan Tengah.


Langkah Pemprov Kalteng untuk mengadopsi Super Apps KALTENG BERKAH sebagai upaya digitalisasi pelayanan adalah langkah yang positif. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih efisien dan terintegrasi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Selain itu, fokus pada pengembangan fitur dan integrasi antar SKPD juga menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page