top of page

DPRD Seruyan Dorong Dinas Terkait Perhatikan Kelompok Tani Kopi di Dapil III


KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Lapisan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, sebut tingkat potensial produksi produk dagangan kopi di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) III sangat mudah untuk dikembangkan.


Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Nardi, sebut untuk wilayah Dapil III kelompok Tani Kopi sudah banyak, Nardi berharap agar kiranya pihak Dinas terkait untuk terus lakukan pedampingan dan pelatihan. Mengingat potensi Kopi di Dapil III sangat menjanjikan. Dapil III sendiri meliputi, Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyah Hulu, Suling Tambun dan Batu Ampar.


"Di Desa Tabiku sendiri sebagai contoh, para tani kopi sudah mulai ada dan kualitas bijinya tergolong bagus, jadi besar harapannya untuk para dinas terkait terus lakukan pendampingan dan pelatihan terkait pemasaran dan tata cara kelola pertanian kopi ini," ucap Nardi.


Nardi juga menambahkan, untuk pemasaran sering kali ke Kalimantan Barat. Bagus lagi kalo bisa tembus ke Jawa, karena kualitas Kopi di wilayah Dapil III juga bisa diperhitungkan, makanya butuh dukungan dari dinas-dinas terkait, tambahnya.


Ia menjelaskan, bahwa sekarang yang menjadi kendala para kelompok tani kopi di sana adalah kurangnya edukasi pelatihan dan pedampingan sampai ke pemasaran produk, hingga kelompok tani kopi bingung untuk menjual dan memasarkan hasil produksinya.


"Banyak dari teman dan rekan yang sudah berkomunikasi dan koordinasi mengaku siap menyambut dan menerima hasil kopi di wilayah Dapil III, kalau memang ada mereka siap untuk menampungnya," tambah Nardi. (rfn)

Comments


bottom of page