top of page

DPRD Seruyan Imbau Kepala Desa Jangan Terlibat Politik Praktis


KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan Harsandi, mengingatkan kepada seluruh kepala desa (Kades), perangkat desa maupun BPD tidak terlibat politik atau politik praktis.


Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Harsandi pada saat melakukan reses di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur.


Wakil Rakyat ini menjelaskan, tidak diperbolehkan apabila kepala desa, Penjabat (Pj) Kades, perangkat desa maupun BPD terlibat dalam politik. Hal tersebut juga tertuang dalam regulasi atau aturan, yang sudah ada termasuk dengan sanksi-sanksinya.


"Tidak boleh, akan terkena hukuman apabila Pj juga ikut berpolitik harus hati-hati. Karena Pj Kades, BPD tidak boleh berpolitik dan harus netral apabila ada temuan akan dihukum satu tahun jadi jangan coba-coba," ujar Harsandi mengingatkan pada saat pertemuan reses DPRD Seruyan.


Selanjutnya, selain mengingatkan perkara Perangkat desa terkait tahun politik, Harsandi juga menyinggung soal pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Seruyan. Pasalnya, tidak bisa dilaksanakan tahun ini. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pilkades saat ini pun sudah dibilang terlambat.


"Kita di Kabupaten Seruyan baru tahun 2025 nanti ada pemilihan kepala desa, perkara ini sudah menjadi koreksi saya berulang kali," kata Harsandi. (rfn)

Comments


bottom of page