top of page
  • Uis

DPRD Seruyan : sistem sewa combine untuk para petani harus diperbaiki

Updated: Nov 21, 2023



KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Kalangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, soroti permasalahan pendaftaran alat panen atau combine untuk para petani pada masa panen di Daerah Seruyan.


Menurut Bejo, Anggota Fraksi Kadesa Ampera DPRD Seruyan, Sistem penyewaan alat combine yang dilakukan Pemerintah Daerah harus dievaluasi, dikarenakan yang niatnya alat ini untuk membantu masyarakat jangan sampai menjadi polemik juga dimasyarakat.


Kabupaten Seruyan sendiri memiliki 3 (tiga) combine atau alat panen yang ditempatkan di wilayah-wilayah persawahan untuk dipergunakan bergantian oleh masyarakat-masyarakat tani agar panennya jauh lebih maksimal.


Pasalnya menurut Bejo, sistem sewa combine selama ini masih keliru, banyak petani yang tidak dapat menikmati fasilitas pemerintah tersebut, sehingga tidak sedikit menimbulkan konflik di kalangan masyarakat petani sendiri.


"Kemarin ada beberapa petani yang menemui kami terkait combine ini, saya rasa sistemnya keliru karena harusnya sewa itu bergilir atau disesuaikan dengan lokasinya, jangan malah menumpuk," kata Bejo.


Jelasnya, ada beberapa petani yang mengeluhkan persoalan ini, menurut masyarakat ada combine ini untuk membantu para petani bukannya malah menimbulkan polemik, tambah Bejo.


Ketua Komisi A DPRD Seruyan, Bejo Riyanto, sudah mengupayakan melalui koordinasi dengan Dinas terkait akan permasalahan yang terjadi di masyarakat ini. "Kedepan sistem penyewaannya diatur kembali, jangan orang-orang itu saja dan diberikan kepada yang lain. Itu yang kami maksud," tambah Bejo kepada awak media. (rfn)

Comments


bottom of page