top of page

Dr Sulianti Saroso, Dokter Perempuan Pertama Indonesia yang Jadi Google Doodle


Kalteng Network – Ada beberapa tokoh hebat di Indonesia yang pernah dijadikan Google Doodle di mesin pencarian Google. Hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada para tokoh sejarah terkemuka di dunia. Dan pada hari Rabu (10/05/23), salah satu tokoh perempuan hebat itu jatuh kepada Prof Dr Sulianti Saroso yang dijadikan Google Doodle.


Lahir pada 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali, Sulianti Saroso merupakan dokter wanita pertama di Indonesia. Semasa hidupnya Ia dikenal sebagai dokter yang berurusan dengan pencegahan dan pengendalian penyakit menular, salah satunya cacar. Sulianto Saroso terinspirasi dari sang ayah hingga memiliki minat yang begitu besar pada bidang kedokteran pada usia muda.


Pada tahun 1942, Sulianto Saroso lulus dari Sekolah Geneeskundige Hoge dengan gelar dokter. Dia lalu melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat dan memperoleh gelar PhD dalam kesehatan masyarakat di Johns Hopkins University dan Universitas California. Sulianti juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Ketika kembali ke Tanah Air, dia ikut andil dalam program Keluarga Berencana (KB).


Dengan torehan prestasi dalam bidang kesehatan yang ditekuninya, Sulianto pun didapuk menjadi presiden perempuan kedua Majelis Kesehatan Dunia yang bertugas disejumlah organisasi terkemuka, antara lain Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.


Dari sekian banyak jabatan yang didudukinya, Sulianti Saroso melakukan berbagai gebrakan baru di bidang kesehatan. Salah satunya penggalangan dukungan publik untuk program kesehatan ibu dan anak, khususnya pengendalian angka kelahiran lewat pendidikan seks dan gerakan keluarga berencana (KB) pada tahun 1952. Melalui doodle art, Google menggambarkan sosok Sulianti yang mengenakan pakaian dokter tengah memeriksa seorang anak dan sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan Kesehatan. -red

Comments


bottom of page