top of page

Dukung Pariwisata Kalteng, Pemandu Wisata Dilatih Manfaatkan Teknologi Digital


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Pelatihan Kepemanduan Wisata Berbasis Kompetensi (Training of Trainers/TOT) pada Selasa (3/9/2024) di Hotel Aquarius, Palangka Raya. Pelatihan ini berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pariwisata Kalimantan Tengah.


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Agung Catur Prabowo, yang mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Agung berharap melalui pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memasarkan usaha mereka, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital melalui materi tentang digital mindset, digital toolset, dan digital skillset.


Pelatihan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) dan diikuti oleh 30 pemandu wisata dari berbagai kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah yang sudah bersertifikat. Pelatihan ini merupakan langkah lanjutan untuk memperkuat kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan pariwisata modern.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Adiah Chandra Sari, dalam kesempatan terpisah, menyatakan bahwa pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan agar menjadi pemandu wisata yang berkualitas dan profesional. Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, para pemandu wisata akan lebih siap dan terampil dalam mengelola serta memasarkan destinasi wisata di Kalimantan Tengah, sehingga mampu menarik lebih banyak wisatawan dan mengembangkan sektor pariwisata di daerah masing-masing. -red




Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page