top of page

Dukungan DP3APPKB dan Forum PUSPA untuk Mendorong Pengembangan Kewirausahaan Perempuan dan Anak


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Provinsi Kalimantan Tengah telah memberikan bantuan Kewirausahaan Perempuan dan Anak di Balai Desa Bukit Liti, Kabupaten Pulang Pisau pada Jumat (24/11/2023).


Dalam pembukaan acara, Kepala Dinas P3APPKB, Linae Victoria Aden, menyatakan bahwa bantuan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada ibu-ibu atau perempuan yang berbisnis agar lebih termotivasi dalam menjalankan usahanya. Kolaborasi dengan Forum PUSPA juga diarahkan untuk memberdayakan perempuan dalam menciptakan ketahanan keluarga dengan Hapakat dalam membangun Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Provinsi Kalimantan Tengah.


"Desa Bukit Liti dipilih sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak pertama di Provinsi Kalimantan Tengah. Kami berharap hal ini dapat menjadi awal yang baik untuk desa-desa lain dan menjadi motivasi untuk menjadi DRPPA berikutnya," ujarnya.


Ketua Forum III PUSPA Kalteng, Lili Hadianie, menyerahkan bantuan berupa paket peralatan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga di Desa Bukit Liti. Tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan kalangan perempuan di desa tersebut.


"Dengan bantuan ini, saya berharap dapat memotivasi para ibu rumah tangga yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk lebih bersemangat, serta membantu meningkatkan ketahanan keluarga dan mencegah stunting. Kami juga berharap untuk memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga lainnya yang tertarik merintis usaha," ungkap Lily.


Kepala Desa Bukit Liti, Heri Tuah, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dan perhatian dari DP3APPKB dan Forum PUSPA. Ia berharap bantuan ini dapat meningkatkan semangat para penerima untuk bekerja dan berwirausaha dengan lebih giat.


Bantuan tersebut diberikan kepada 20 Ibu Rumah Tangga yang sudah terdaftar sebagai pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) rumahan. Paket bantuan mencakup peralatan kewirausahaan seperti panci (dandang), termos nasi, panci kecil, oven, mixer, dan Baking Pan. Selain itu, juga disertakan 40 paket alat tulis untuk pelajar tingkat SD dan SMP di Desa Bukit Liti.


inisiatif dari Dinas P3APPKB dan Forum PUSPA ini patut diapresiasi karena memberikan dukungan konkret kepada perempuan yang berwirausaha. Bantuan peralatan kewirausahaan tidak hanya meningkatkan semangat para penerima, tetapi juga dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan dan ketahanan keluarga di tingkat desa.


Selain itu, upaya memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga lainnya juga menjadi langkah yang positif untuk memajukan potensi ekonomi masyarakat. -red



Sumber : mmc.kalteng

Commentaires


bottom of page