top of page

Duta Genre Kalteng 2023 Terpilih, Dapat Banyak Apresiasi dari Petinggi

Updated: May 9, 2023


Kalteng Network, Palangka Raya - Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Genre (Adujak) Kalimantan Tengah tahun 2023 resmi ditutup pada Kamis (4/5) kemarin. Sederet putra-putri terbaik Kalimantan Tengah siap berkomitmen pada gerakan Generasi Berencana: katakan tidak pada nikah dini, seks pranikah, dan narkoba.


Predikat Duta Genre Kalimantan Tengah tahun 2023 disandang oleh Juliana Perizka, peserta dari Kabupaten Barito Selatan bersama pasangannya Hijrah Mubarak dari Kotawaringin Timur. Adapun para wakil-wakilnya, Wakil I disandang oleh Rahima Dea Puspita dari Kapuas dan An Al Rivaldi dari Kotawaringin Barat. Wakil II adalah Nadivka Saima F dari Seruyan dan Rizal Ramadani dari Pulang Pisau. Selanjutnya tanggung jawab Wakil III diberikan kepada Yunisa Nasella Evansa perwakilan dari Gunung Mas, bersama dengan Gabriel Alexandro Sangkai dari Katingan. Serta Wakil IV, Avillia Yufensi Ngagalan dari Palangka Raya dan Ahmad Yusuf Rahmat dari Barito Utara.


Selain itu, ada pula para pemenang kategori seperti Duta Genre Favorit Putri yang dimenangkan oleh Volina (Barito Timur) dan Dinda Khairatun Nisa (Kotawaringin Timur). Serta Duta Favorit Putra yang dimenangkan oleh Ibnu Fiqrian Nirvina dari Sukamara. Selain itu, Zasqhia Eka Aryani (Murung Raya) dan Florensius Edu (Lamandau) yang resmi ditetapkan sebagai Duta Genre berbakat.


Malam penutupan dihadiri oleh sederet petinggi baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun nasional. Turut hadir Bupati Gunung Mas beserta ibu yang dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Genre, Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si. dan Mimi Mariatie, S.E.. "Kami ucapkan selamat dan sukses, selamat mengemban tugas sebagai panutan bagi teman sebayanya. Katakan tidak pada nikah dini, seks pranikah dan napza," ucap Jaya.


Selain itu, para pemenang juga mendapatkan kesan dan pesan dari dr. Riyo, konsultan remaja dari BKKBN Republik Indonesia. Beliau turut bergabung dalam tim juri yang menilai para peserta Duta Genre. "Saya terkesan dengan kain dan pakaian khas Kalimantan Tengah yang ternyata banyak macamnya, beragam dari tiap kabupaten dan kota. Saya mengucapkan selamat, namun tetaplah rendah hati dan persiapkan seleksi di tingkat nasional," ucapnya.


Direktur Ketahanan Remaja BKKBN RI yang juga turut terbang bersama dr.Riyo dari Jakarta, juga menyampaikan kesan dan pesannya. "Duta Genre bukan hanya ajang keren-kerenan semata, namun bagaimana menyebarkan gerakan Generasi Berencana, untuk menjauhi pernikahan dini, seks bebas dan napza. Apabila remaja kita terhindar dari hal ini, maka angka stunting di masa depan pun dapat dikurangi," ucap dr. Victor Palimbong.


Tak lupa Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah, dr. Jeanny Yola Winokan, turut memberikan pesan. "Pemilihan ini termasuk dalam persiapan menuju tingkat nasional, dan kami harap pemenang terpilih dapat mewakili provinsi Kalimantan Tengah dengan baik. Terutama kami berharap peran Duta Genre dalam program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting," tandasnya. -red

Comments


bottom of page