top of page

Eddy Karusman Wakili Sekda Buka Rapat Kerja NPCI Kalteng 2023


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Eddy Karusman, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) dalam membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Acara ini diadakan di Aula Aurilla Hotel Palangka Raya pada Jumat (29/12/2023).


Dalam membacakan sambutan tertulis Sekda, Eddy menyampaikan bahwa NPCI merupakan wadah tunggal keolahragaan bagi penyandang disabilitas di Indonesia yang memiliki kewenangan untuk mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga prestasi penyandang disabilitas.


Tujuan NPCI antara lain adalah meningkatkan prestasi olahraga difabel di Indonesia, membangun persatuan di antara insan olahraga penyandang disabilitas, serta memberikan perlindungan dan pembinaan kesejahteraan kepada anggota dan atlet penyandang disabilitas.


Eddy menekankan pentingnya Rakerprov dalam meningkatkan sinkronisasi, koordinasi, dan pelaksanaan program kerja NPCI Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini juga diharapkan dapat merumuskan strategi untuk menanggulangi permasalahan, menerima masukan dari peserta, serta menyusun dan menetapkan program kerja untuk periode yang berjalan.


Ia menyoroti bahwa olahraga difabel memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi, meningkatkan prestasi, dan meraih keberhasilan di tingkat nasional maupun internasional. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menegaskan komitmennya untuk mendukung pengembangan olahraga difabel dengan menyediakan sarana dan prasarana olahraga difabel, serta memberikan beasiswa kepada atlet penyandang disabilitas yang berprestasi.


Deasy Olivia Christy, Ketua NPCI Kalimantan Tengah, menambahkan informasi bahwa Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke-17 tahun 2024 akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara. Dia berharap pengurus kabupaten/kota melaksanakan kejuaraan olahraga untuk mencari bibit-bibit atlet berprestasi, sehingga prestasi olahraga disabilitas di Kalimantan Tengah dapat terus meningkat.


Pertemuan ini juga dihadiri oleh Ketua NPCI Pusat, Rio Suseno, serta peserta Rakerprov lainnya.  -red




Sumber : mmc.kalteng


Comments


bottom of page