top of page

Fakta Unik Betang Fest, Barometer Baru Industri Konser Musik Kalteng

KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Siapa nih yang masih belum bisa "move on" dari kemegahan dan kemeriahan konser musik yang bertajuk Betang Fest 2024 : A SUMMER EDITION PEACE & HARMONY kemarin? Konser berkonsep malam musim panas ini dilaksanakan outdoor di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya pada 9 dan 10 Mei 2024 yang lalu. Konser yang didapuk oleh Betang Production ini berhasil menggugah animo dan antusiasme para penikmat musikKalimantan Tengah.


Betang Fest juga menjadi angin segar bagi industri konser musik Kalimantan Tengah yang seakan "mati suri" terutama setelah pandemi Covid-19. Betang Fest berhasil menetapkan standar baru bagi konser musik di Kalimantan Tengah.


Karena begitu berkesan, kami rangkum beberapa fakta unik konser Betang Fest!


  1. Pelopor Konser 2 Hari di Kalimantan Tengah

Jika bukan yang pertama kali, setidaknya setelah sekian lama, Betang Fest menghadirkan konser 2 hari di bumi Kalimantan Tengah. Penonton tentu saja dapat memilih, ingin membeli tiket di salah satu hari saja atau sekaligus untuk dua hari. Penonton dari luar kota Palangka Raya juga tidak perlu kesulitan karena konser ini bertepatan dengan momen long weekend cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus. Pas banget, deh!


2. Konser Lintas Generasi dan Selera Musik

Salah satu penyebab tingginya animo masyarakat adalah line up atau artis yang didatangkan oleh Betang Fest sangat beragam. Mulai dari penyuka J-Pop para "wota" yang dihibur oleh JKT48, penyuka musik elektro pop yang sangat menantikan Weird Genius, ada The Cangcuters yang siap membawa anak 90-an bernostalgia, ada Pamungkas bagi penyuka musik indie bahkan ada diva-nya Indonesia, Rossa! Lengkap banget, kan!


3. Dukung Musisi Kalimantan Tengah

Dengan banyaknya artis ibukota yang didatangkan, Betang Fest tidak lupa untuk mendukung sesama putra-putri daerah. Buktinya mereka turut menghadirkan Floo, musisi muda asal Kalimantan Tengah, dalam line up deretan artisnya. Penyanyi cantik yang dengan tembang andalan berjudul "Jealous" ini juga pernah tampil di panggung sekelas Prambanan Jazz Virtual Festival 2021, loh!


4. Bangkitkan UMKM Setempat

Gelaran Betang Fest 2024 ini juga membuka peluang bagi UMKM setempat untuk mengembangkan usahanya. Hal ini tentu juga turut membantu roda perekonomian di Kalimantan Tengah.


Salah satu UMKM Kalteng, Indra Syahreza, mengungkapkan bahwa acara Konser Musik Betang Fest 2024 ini sangat membantu UMKM secara ekonomi. 

"Karena kita kena imbas dari pariwisata terutama UMKM, ada perhotelan juga, ada bagian dari yang lainnya yang menjadi satu kesatuan membangun ekonomi di Kalimantan Tengah.".


5. Didukung oleh Pemerintah

"Selama ini para pemuda yang berkreasi di bidangnya masing-masing merasa tidak didampingi, oleh karena itu Bapak Gubernur menyampaikan mari kita rangkul peran para pemuda ini sehingga dituangkan dalam satu kegiatan, yaitu festival yang diharapkan nantinya dapat menumbuhkembangkan semangat generasi muda," ujar Edy Pratowo, wakil gubernur Kalimantan Tengah yang memberikan sambutan dalam Betang Fest 2024. Dirinya hadiri dihampiri Nuryakin, sekretaris daerah Kalimantan Tengah.


Wakil Gubernur mendukung dan mengapresiasi dengan positif kegiatan Betang Fest, yang menurutnya dapat meningkatkan kreativitas anak muda dan memberikan sumbangsih untuk setor perekonomian.


Nah itu dia fakta-fakta menarik dari Betang Fest 2024 A SUMMER EDITION PEACE & HARMONY .


Bagi kamu yang sudah rindu dengan kemeriahan Betang Fest, jangan khawatir! Segera hadir Betang Fest 3.0 dalam rangka ulang tahun Betang Production yang pertama. Penyanyi tampan Dikta Wicaksono terkonfirmasi resmi masuk line up artis. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman instagram mereka di @betang_production. -red

Comments


bottom of page