top of page

Festival Gala Desa Wadah Strategis Pembinaan Pemuda Katingan


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Katingan Hilir menggelar Festival Gala Desa se Kabupaten Katingan. Kegiatan yang dilaksanakan berupa, pertandingan cabang olahraga sepak bola, bulutangkis dan voli.


Selain olahraga, festival juga menyelenggarakan lomba karaoke, senam, sepak sawut, mobile legend dan pawai pembangunan hari kemerdekaan 17 Agustus 2024.


Ketua BKAD Kecamatan Katingan Hilir, Adityawarman mengatakan, festival gala desa merupakan agenda yang menjadi strategis untuk pembinaan pemuda Kabupaten Katingan.


Ada lima desa yang bekerjasama dalam pendanaan kegiatan, yaitu Desa Hampalit, Telangkah, Banut Kalanaman dan Tumbang Liting serta Tewang Kadamba. Kemudian turut berpartisipasi karang taruna.


"Kegiatan ini merupakan inisiasi BKAD Katingan Hilir dan Karang Taruna serta juga mendapat dukungan pendanaan dari masyarakat," kata Adityawarman pada pembukaan Festival Gala Desa di Desa Hampalit, Selasa (6/8/2024) sore.


Ditekankan, bahwa pelaksanaan pertandingan olahraga sebagai upaya untuk meningkatkan minat pemuda dan menjaring atlet potensial yang diseleksi dari wilayah desa-desa se Kabupaten Katingan.


"Semua peserta berasal dari desa masing-masing. Tiada istilah pemain bayaran, karena harus murni memiliki identitas dari Kabupaten Katingan," tegas Adityawarman.


Dia berharap, dengan pelaksanaan kegiatan festival gala desa menjadi benteng bagi kawula muda untuk terhindar dari aktivitas negatif yang tidak berfaedah. Juga sebagai wadah peningkatan UMKM melalui pasar malam.


"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjauhkan generasi muda dari kenakalan remaja. Sehingga mereka dapat memanfaatkan masa muda dengan kegiatan positif, seperti olahraga dan giat kreasi lainnya," demikian Adityawarman. -red



Foto : Adityawarman

Comments


bottom of page