top of page

Festival Palangka 2023: Sarana Pelestarian Seni Budaya


Palangka Raya, Kalteng Network - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya akan menyelenggarakan Festival Palangka yang akan dilaksanakan mulai tanggal 2-4 Mei 2023 mendatang.


Dalam perhelatan ini terdapat 15 cabang perlombaan yang dilombakan, khususnya olahraga dan kesenian daerah hingga perlombaan kuliner khas daerah Kalimantan Tengah.

Pihak panitia menyediakan hadiah total jutaan rupiah bagi para pemenangnya. Pendaftaran dibuka sampai 14 April 2023 lalu. Lomba dapat diikuti perorangan maupun beregu dan terbuka untuk umum. Juaranya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan penghargaan serta  diikutsertakan pada ajang tingkat daerah hingga nasional.

Terdapat lomba Jukung Tradisional, Besei Kambe, Habayang, Sepak Sawut, Tari Daerah dan Mangenta. Kemudian lomba Karungut (Kategori Putra/Putri).


Ada juga lomba Balogo (Kategori Putra/Putri), lomba Malamang, lomba Lawang Sakepeng (Kategori Putra/Putri), lomba Lagu Daerah (Kategori Vokal Group Putra/Putri). Selanjutnya ada lomba Maneweng Matenek Manyila Kayu, lomba Manyipet, lomba Mangaruhi dan lomba Masak Panginan Sukup Simpan.


Festival ini selain sebagai sarana melestarikan seni budaya dan kearifan lokas, juga sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dan tali silaturahmi antar masyarakat sekaligus ajang promosi kepariwisataan.


Pembaca Cerdas yang berdomisili di Palangka Raya, jangan sampai kamu absen di perhelatan seru dan menyenangkan ini!-red

Comments


bottom of page