top of page

Gelar Musda Pertama, Ketua APDESI Kalteng : Desa adalah Ujung Tombak Pembangunan Negara



Kalteng Network, Palangka Raya - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kalimantan Tengah resmi menggelar musyawarah tingkat daerah untuk yang pertama kalinya pada Rabu (31/5) kemarin. Musyawarah yang digelar di Aurila Hotel Palangka Raya ini menghadirkan Ketua APDESI terpilih, Seger Satrio S.IP.


Seger menjelaskan, setelah MUSDA-I Kalteng maka dapat dilaksanakan musyawarah selanjutnya di tingkat kabupaten untuk menggaungkan visi APDESI ke seluruh Kalimantan Tengah. "APDESI merupakan wadah untuk meningkatkan pembangunan desa-desa di Indonesia. Kami percaya, pembangunan desa berperan besar pada kemajuan negara Indonesia. Desa adalah ujung tombak pembangunan negara. Desa adalah kekuatan ekonomi," ucapnya. Pihaknya juga berharap, perusahaan - perusahaan daerah dapat memberikan kontribusi pada APDESI sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.


Tak lupa, APDESI Kalteng turut mengajak generasi muda agar berpartisipasi dalam pembangunan desa. "Kami sangat terbuka bagi para generasi muda dan aktivis untuk dapat turut memajukan desa kita," ucap Yusup Roni, ketua panitia MUSDA-I APDESI Kalteng. Dengan adanya APDESI, pihaknya berharap tidak akan ada lagi kasusu korupsi dan tetap menjaga suasana yang kondusif jelang pemilu 2024.


Sejauh ini tercatat Kalimantan Tengah memiliki 1433 desa. Hanya 87 desa yang dikategorikan sebagai desa mandiri, dan 348 sebagai desa maju. Sisanya masuk ke kategori berkembang dan tertinggal. -red


Comments


bottom of page