top of page

Gibran Libatkan Orang Tua dan UMKM dalam Program Gizi


KALTENG NETWORK, SOLO - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan keinginan untuk melibatkan orang tua murid dalam penyediaan makan bergizi gratis bagi siswa di sekolah. Pernyataan ini disampaikan setelah Gibran meninjau uji coba program tersebut di SD Negeri Tugu, Kecamatan Jebres, Solo, pada hari Jumat (26/7).


Pada awalnya, Gibran menjelaskan bahwa makan bergizi gratis untuk para siswa didukung oleh UMKM yang bekerja sama dengan GoJek.


"Hari ini kita dibantu oleh GoJek. Jadi, yang memasak adalah para merchant GoJek, semuanya UMKM. Jadi, UMKM juga merasakan dampak dari program ini," ujar Gibran.


Putra Presiden Joko Widodo itu menambahkan bahwa program makan bergizi gratis ini tidak hanya akan melibatkan perusahaan besar. Pihaknya berencana untuk menguji program ini dengan skema lain, seperti dapur terpusat atau central kitchen.


"Atau mungkin orang tua murid bisa bergotong-royong untuk memasak, dengan anggaran yang diserahkan melalui sekolah, itu juga bisa. Masih dalam tahap uji coba," jelasnya.


Gibran mengungkapkan bahwa saat ini program uji coba makan bergizi gratis sudah berjalan di empat daerah, yaitu Sentul dan Hambalang di Kabupaten Bogor, serta di Solo dan Surabaya.


"Minggu depan saya mungkin akan mengecek ke Surabaya," katanya.


Menurut Gibran, uji coba tersebut akan diperluas ke beberapa daerah lain, meskipun ia belum menyebutkan daerah mana saja yang akan menjadi sasaran berikutnya.


"Ini nanti akan kita tambahi lagi di daerah lain. Pokoknya tunggu saja," ujarnya. -red

Comments


bottom of page