top of page

GMNI Kalimantan Tengah Gelar Dialog Nasional



Palangka Raya, Kalteng Network – Gerakan Mahasiswa Nasioanal Indonesia Kalimantan Tengah gelar dialog nasional dengan tema "Menakar Tahun Politik 2023 Dalam Prospek Pembangunan Sosial Ekonomi di Kalimantan Tengah" di selenggarakan di Aula Palangka Kota Palangka Raya. Jumat, (17/2/2023)


Dalam kegiatan dialog nasional yang mengundang narasumber, Adv. Bias Layar, SH.,MH selaku Ketua Umum DUSMALA, Dr. Andri Elia Embang, S.E.,M.Si demisioner Rektor Universitas Palangka Raya Periode 2018-2022 dan Tokoh Pemuda M. Alfian Mawardi selaku Ketua DPD KNPI Kalimantan Tengah. Kegiatan ini menuai antusias yang cukup luar biasa dari kalangan Mahasiswa dan Masyarakat yang ada, ini dibuktikan dengan di hadiri oleh sebanyak 250 peserta yang mengikuti dalam kegiatan tersebut.


“Di tengah ancaman resesi dunia dan kebutuhan percepatan pembangunan Kalimantan Tengah, dialog ini dihadirkan agar menjadi jalan tengah dan pondasi pemikiran yang bijak bagi masyarakat Kalimantan Tengah dalam menghadapi tahun-tahun politik sekarang ini. Harapan saya kegiatan ini bisa memberikan output bagi seluruh unsur masyarakat kalteng.” Ungkap Ronaldi Muher, S. AN selaku Ketua Panitia Pelaksana Dialog Nasional




Innocent Passage, S.H selaku Ketua DPD GMNI Kalimantan Tengah menegaskan bahwa, tujuan dalam kegiatan dialog politik ini, DPD GMNI Kalteng berusaha maksimal dalam pemanfaatan situasi modern di republik ini, salah satunya dengan penggunaan teknologi informasi yang di harapakan dapat melahirkan kampanye yang berintegritas menolak penggunaan politik sara dan politik identitas, yang lebih mengedepankan politik ide dan gagasan, karena yang ingin kita bangun bukan demokrasi pengkultusan, buka demokrasi idola, tapi demokrasi gagasan.


Budaya politik di Indonesia sangat berpengaruh dengan politik identitas, karena variabel pertamanya adalah konsensus dan kohesi politik. Variabel ini menjadi pekerjaan rumah dan tantangan kita menuju pemilu 2024. Untuk itu kami berharap, agar kontestasi Politik 2024 kedepan dapat menjadi lebih kondusif dan partisipasif tentu dengan pola pikir DPD GMNI Kalteng lakukan dalam menakar tahun politik 2023 khusus di Kalimantan Tengah.

Comments


bottom of page