top of page

Gubernur Kalteng ke Istana Negara hadiri Rakornas Inflasi


Foto : MMC Kalteng, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Mentan Syahrul Yasin Limpo


KALTENG NETWORK, JAKARTA - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Istana Negara Jakarta, dihadiri langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Rapat ini dimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (31/8/2023) yang lalu.


Rakornas yang digelar secara hybrid tersebut mengusung tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”, dan diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), serta didukung 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.


Dilansir dari MMC Kalteng, dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa inflasi di Indonesia relatif terkendali. "Kita tahu, inflasi sangat terkendali di angka 3,08% di Juli 2023. Ini sebuah angka yang sangat baik sekali. Kita bisa mengendalikan harga barang dan jasa,” ungkap Presiden. "Argentina inflasinya 113%. Ini pertumbuhan ekonomi berapapun tekor. Turki 47%. Bapak/Ibu bisa bayangkan 47%. India 7,4%, Uni Eropa 5,3%, AS 3,2%, kita 3,08%,” tambahnya.


Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ditemui usai mengikti Rakornas juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten dan Kota selama ini fokus terhadap penanganan inflasi berkelanjutan.

"Beberapa waktu yang lalu saya sudah instruksikan kepada Bupati dan Wali Kota untuk menyediakan anggaran yang cukup untuk penanganan inflasi tahun 2024 melalui program ketahanan pangan. Pengalaman kita cukup dalam menangani dampak inflasi, hendaknya itu menjadi cerminan untuk masa datang, sehingga kita memiliki ketahanan dalam menghadapi inflasi," ucap gubernur.


Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju nampak hadir dalam agenda tahunan nasional ini, antara lain Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Mendag Zulkifli Hasan, Mentan Syahrul Yasin Limpo, dan Menhub Budi Karya Sumadi. Hadir pula Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. -red


Comments


bottom of page