top of page

Gubernur Kalteng Kunjungi Pasar Penyeimbang di Kotim dan Katingan Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menegaskan komitmennya untuk secara konsisten fokus dalam penanganan inflasi di wilayah tersebut. Pada hari ketiga kunjungan kerjanya di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Katingan, Gubernur, didampingi Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, kembali membuka Pasar Penyeimbang/Pasar Murah di beberapa titik lokasi, sebagai upaya pengendalian inflasi.


Pasar Penyeimbang pertama dibuka di Kantor Kelurahan Kota Besi Hulu, Kecamatan Kota Besi, dengan penyediaan 2000 paket sembako. Gubernur menyampaikan kebahagiaannya dapat bertemu dan melayani masyarakat Kalteng, sambil berdoa agar wilayah tersebut selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT.


Selain di Kantor Kelurahan Kota Besi Hulu, Pasar Penyeimbang juga diadakan di Kantor Kecamatan Cempaga dengan 3000 paket sembako, dan di Kantor Kecamatan Parenggean dengan 3000 paket sembako yang dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng. Gubernur Kalteng juga membuka Pasar Penyeimbang terakhir di Masjid Jami Al Muhajirin, Kecamatan Katingan Hilir, dengan penyediaan 2000 paket sembako.


Paket sembako untuk keempat lokasi kunjungan Gubernur senilai 150 ribu rupiah mendapatkan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 130 ribu rupiah, sehingga harganya hanya 20 ribu rupiah untuk masyarakat. Gubernur juga memberikan subsidi pribadi sebesar 20 ribu rupiah per paket, menjadikannya gratis.


Selain memberikan bantuan sembako, Gubernur memberikan stimulan modal usaha kepada perempuan produktif dan memberikan bantuan uang tunai dari dana pribadi untuk ibu hamil dan lansia.


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng, Aster Bonawaty, menyampaikan bahwa penyelenggaraan pasar penyeimbang bertujuan untuk mengendalikan inflasi sebagai upaya jangka pendek. Selain itu, diungkapkan Aster, untuk penanganan jangka panjang, Pemprov Kalteng sedang membangun pabrik beras dan pabrik pakan di Parenggean untuk menekan harga pangan.


Anggota DPR RI Dapil Kalteng sekaligus Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng turut hadir dalam kegiatan tersebut. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page