top of page

Gubernur Kalteng Menghimbau Penyaluran Bansos Harus Tepat Sasaran

Updated: May 6


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo menghimbau agar penyaluran bantuan sosial (Bansos) yang diberikan oleh pemerintah daerah harus tepat sasaran.


Dalam rangka memberikan bantuan terhadap Masyarakat yang terdampak banjir dan kaitannya dengan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H pemerintah daerah memberikan bantuan berupa sembako sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat Kalimantan Tengah.


Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang ditemui di Istana Isen Mulang pada hari Jumat (15/3/2024) menjelaskan bahwa penyaluran bansos kepada masyarakat sering kali tidak tepat sasaran dan diterima oleh masyarakat yang cenderung dalam taraf ekonomi berkecukupan. Penyaluran yang tidak tepat sasaran ini menyebabkan upaya pemerintah kurang optimal.


“Sangat disayangkan masyarakat penerima bansos sering kali tidak tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Masyarakat yang berkecukupan justru yang menerima bansos” ucapnya.


Lebih lanjut beliau mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah daerah diminta membentuk tim khusus agar penyaluran bansos tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu Gubernur Kalteng mengharapkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dengan perangkat desa setempat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


“Bupati dan perangkat desa harus jeli dalam memperhatikan masyarakatnya karena mereka paham betul dengan kondisi di lapangan dan kebutuhan masyarakatnya. Kebutuhan dan situasi setiap Kabupaten dan Desa tentu berbeda-beda, oleh sebab itu perlu adanya koordinasi dan kerja sama yang baik” tutup Gubernur Kalteng.


Beliau juga secara tegas menekankan agar mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi. Oleh sebab itu beliau meminta agar pemerintah daerah dan perangkat desa bekerja lebih optimal. -red



Foto : Doni


Comentários


bottom of page