top of page

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Buka Gebyar UMKM: Harus Berkualitas dan Punya Daya Saing

Foto: Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah menabuh katambung sebagai tanda dibukanya acara Gebyar UMKM


KALTENG NETWORK, KUALA KAPUAS - Sebagai salah satu bentuk dukungan pemberdayaan UMKM sebagai pilar ekonomi daerah, Pemerintan Prov. Kalteng menggelar Gebyar UMKM Wilayah Tengah, di Stadion Panunjung Tarung Kapuas, Kamis (12/9/2024). Acara yang mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Kualitas Produk Usaha Mikro dan Kecil Guna Menghadapi Daya Saing Pasar Bebas” ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo.


“Kegiatan ini kita harapkan dapat membantu para pelaku UMKM sebagai sarana promosi untuk menampilkan berbagai produk unggulan, dan sekaligus membuka dan memperluas kemitraan jaringan UMKM di Kalimantan Tengah,” ujar Sugianto.


Dirinya berpendapat bahwa UMKM yang kuat akan menggerakkan perekonomian daerah dan juga kesejahteraan masyarakat, membuka berbagai lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mengurangi kemiskinan.


“Mudah-mudahan Gebyar UMKM yang kita laksanakan pada hari ini dapat menjadi satu pijakan bagi UMKM Kalimantan Tengah, agar semakin kreatif dan inovatif, untuk terus meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan usahanya, sehingga dapat berkontribusi lebih besar lagi dalam memperkuat ekonomi kerakyatan,” harapnya.


Turut memberikan sambutan, Pj Bupati Kapuas H Darliansjah menyampaikan bahwa kesempatan ini penting untuk bergotong-royong mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kapuas.


“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian daerah, yang berperan penting dalam menyerap tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Melalui acara ini, kita ingin memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk unggulannya, memperluas jaringan pemasaran, dan mendapatkan akses terhadap informasi dan peluang bisnis,” ucapnya.


Ia berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional. "Saya berharap acara ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi daerah melalui penguatan sektor UMKM. Selain itu, saya juga berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi ajang promosi bagi produk-produk lokal kita agar semakin dikenal oleh masyarakat luas," tuturnya.


Pemerintah Kabupaten Kapuas, lanjutnya, berkomitmen mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai program dan kebijakan, seperti Bantuan UMKM Kit, Bantuan Modal UMKM, serta Pelatihan Manajemen Digitalisasi UMKM dan lainnya.

"Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi yang baik antara Pemerintah, pelaku UMKM, dan seluruh pemangku kepentingan, ekonomi Kabupaten Kapuas akan semakin maju dan berkembang," ucapnya.


Dalam penutupan sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa pada tahun 2025, Pemprov Kalteng akan memberikan dukungan kepada pelaku UMKM yang belum berkembang optimal. "Akan ada bantuan permodalan bagi 8.000 pelaku UMKM, masing-masing sebesar 2,5 juta rupiah," ujarnya.


Pembukaan acara Gebyar UMKM juga diikuti dengan penyerahan simbolis bantuan produktif kepada 15 ribu pelaku usaha, dengan nilai bantuan sebesar 600 ribu rupiah per pelaku usaha.-red


Comments


bottom of page