top of page

Gubernur H. Sugianto Sabran Pimpin Pelantikan Pengurus MUI Kalteng

KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, menghadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalteng periode 2023-2028 di Istana Isen Mulang (IMM) Rumah Jabatan Gubernur Kalteng pada Selasa (6/2/2024).


Dalam sambutannya, Gubernur Sabran menyampaikan ucapan selamat kepada para Pengurus MUI yang baru, berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan keikhlasan dan mendapat kekuatan dari Allah SWT. Ia juga menegaskan pentingnya peran MUI sebagai wadah untuk menyatukan para ulama, zuama, dan cendekiawan Muslim dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta mencegah penyebaran aliran radikal yang merusak.


Selain itu, disampaikan juga susunan dan personil pengurus MUI Provinsi Kalteng untuk masa khidmat 2023-2028. Ketua Dewan Pertimbangan dijabat oleh H. Sugianto Sabran, sementara Ketua Umumnya adalah H. Khairil Anwar. Dilakukan juga pembentukan formatur melalui musyawarah dengan representasi dari berbagai unsur, termasuk perwakilan pondok pesantren, Ormas Islam, MUI kabupaten/kota, dan cendekiawan perguruan tinggi.


Ketua Umum MUI Kalteng, H. Khairil Anwar, menekankan pentingnya eksistensi MUI di tengah masyarakat dengan dukungan manajemen organisasi yang baik dan konsolidasi yang kuat. Hal ini perlu didukung dengan pesan-pesan dan dakwah yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat.


Acara pelantikan ini menunjukkan komitmen para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, dalam mendukung peran MUI sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam pembinaan umat dan menjaga harmoni serta keutuhan bangsa. Selain itu, pembentukan pengurus yang melibatkan berbagai pihak juga menunjukkan semangat kolaborasi dan inklusivitas dalam menjalankan amanah tersebut. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page