top of page

Hadi Tjahjanto dan AHY Jadi Menteri Kabinet Jokowi


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Hadi Tjahjanto akan diangkat sebagai Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) oleh Presiden Joko Widodo pada hari Rabu (21/2). Presiden juga akan melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Hadi Tjahjanto.


Informasi yang diperoleh dari sumber di Istana kepada CNNIndonesia menyebutkan bahwa pelantikan Hadi dan AHY sebagai menteri dalam kabinet Indonesia Maju Jokowi akan dilakukan pada Rabu (21/2) pukul 11.00 WIB.


Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengaku mendengar rumor tentang pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam oleh Jokowi. Sahroni menyambut baik jika Hadi yang akan menjabat sebagai Menko Polhukam.

Posisi Menko Polhukam saat ini masih dipegang oleh Tito Karnavian sebagai pejabat sementara setelah Mahfud MD mundur dari kabinet pada awal Februari 2024 karena maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.


Sementara itu, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus juga mendengar rumor bahwa AHY akan menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang akan menempati posisi Menko Polhukam.


Menurut Guspardi, wajar jika Demokrat mendapatkan posisi menteri di kabinet Jokowi karena partai tersebut sudah menjadi salah satu partai pendukung Jokowi. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kekosongan posisi Menko Polhukam setelah mundurnya Mahfud MD perlu segera diisi untuk mempercepat pembangunan.


Pergantian posisi menteri ini merupakan hal yang lumrah dalam dinamika politik di Indonesia. Pengisian posisi yang kosong dengan figur yang dianggap tepat merupakan langkah penting untuk menjaga kelancaran jalannya pemerintahan dan kebijakan di tingkat kabinet. -red

Comments


bottom of page