top of page

Harus Atur Antrian Sewa Alsintan Demi Maksimalkan Hasil Tani


KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG – Sektor pertanian yang ada diwilayah Kabupaten Seruyan tentunya diharapkan agar dapat terus dimaksimalkan, salah satunya dengan adanya sarana penunjang seperti alat mesin pertanian (Alsintan) yang disediakan pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan bahwa, berdasarkan dari reses yang telah dilaksanakan pihaknya di daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi wilayah Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur, ada beberapa keluhan yang disampaikan warga salah satunya terkait dengan antrian cukup lama terkait sewa alsintan.


“Jadi berkaitan dengan pertanian ketika kami reses itu banyak sekali keluhan masyarakat yang berprofesi sebagai petani tentang kebutuhan alat dan mesin pertanian terutama traktor bagi mereka,” katanya.


Jelas keluhan sebagian petani itu diantaranya, berkaitan dengan lamanya antrian sewa pinjam pakai Alsintan. Dirinya berharap dengan adanya pengadaan alsintan dari pemerintah melalui dinas terkait dapat membantu apa yang menjadi kendala para petani.


“Dalam artinya begini, ketika orang ini menyewa alsintan sehingga jika lahan itu luasnya 2 hektare maka jika selesai agar segera dikembalikan lagi jangan sampai molor waktunya. Ataupun ada yang sewa traktor lalu di sewa kembali dalam artinya ambil upah dan jangan sampai seperti itu,” tandasnya. (rfn)

Commentaires


bottom of page