top of page

Hasil Lembaga Survei Indonesia Denny JA : Prabowo-Gibran Unggul 43.3%, AMIN 25.3%, Ganjar-Mahfud 22.9%


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Menurut survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam elektabilitas dibandingkan dengan kedua pasangan calon lainnya dalam Pilpres 2024.


Elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 43,3 persen, sementara pasangan nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), berada di posisi kedua dengan 25,3 persen, dan pasangan nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berada di posisi ketiga dengan 22,9 persen.


Direktur KCI LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyatakan bahwa data survei pada akhir Desember menunjukkan bahwa jika Pilpres diadakan dalam dua putaran, pasangan Prabowo-Gibran memiliki potensi untuk lolos ke putaran kedua, mengingat telah melewati batas minimal 33,3 persen.

Meskipun demikian, ia menyebut bahwa pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran kedua.

Adjie juga menyoroti peningkatan terus-menerus dalam elektabilitas Prabowo-Gibran sejak Januari 2023, mencapai 43,3 persen pada akhir Desember. Sementara itu, pasangan Anies-Cak Imin menunjukkan stabilitas elektabilitas, sedangkan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan setelah penetapan capres-cawapres.


Survei ini melibatkan 1200 responden di seluruh Indonesia dengan margin of error sebesar 2.9 persen, menggunakan metode kuantitatif dan memperkaya informasi dengan metode kualitatif seperti analisis media, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok.


Sejalan dengan LSI Denny JA, hasil survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) juga mengindikasikan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran unggul atas dua pasangan calon lainnya dalam Pilpres 2024. Data ini memberikan gambaran dinamika politik menjelang Pemilihan Presiden. -red



Sumber Foto : CNBC Indonesia

Comments


bottom of page