top of page

Hasil Penyederhanaan Birokrasi, 30 Pejabat Fungsional Dilantik Pemprov Kalteng.



PALANGKA RAYA -Kalteng Network- Sri Suwanto, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalimantan Tengah melantik dan mengucapkan sumpah/janji dalam rangka Penyesuaian Jabatan Fungsional Akibat Penyederhanaan Birokrasi di Pusat Pemerintah Provinsi Kalimantan (Pemprov Kalteng)(29/12/2022).


Seremoni ini merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2237/OTDA tanggal 28 Maret 2022 tentang proses perampingan birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Akibatnya, perlu dilakukan penyesuaian kembali terhadap beberapa jabatan fungsional yang tidak sejalan dengan perannya masing-masing di unit kerja. 30 orang resmi dilantik.


Dalam sambutannya, Sri Suwanto mengatakan, dibandingkan jabatan eksekutif, proporsi jabatan fungsional setiap tahunnya meningkat. Posisi fungsional membentuk lebih dari 50% dari campuran personel. Dengan kata lain, roda pemerintahan berjalan cepat. Tentu saja, posisi fungsional ada di mana karyawan dapat menerapkan keterampilannya. Sasaran kerja yang tepat dan dapat diukur secara kuantitatif.





Kesempatan untuk naik pangkat lebih cepat, tunjangan pekerjaan yang sesuai dengan Perpres dan lebih besar dari jabatan pelaksana, kelas jabatan yang lebih tinggi, dan peluang karir berkelanjutan untuk menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Administrator (Eselon III), atau Supervisor yang hanyalah sebagian kecil dari manfaat jabatan fungsional menurut beliau (Eselon IV).


"Secara pribadi, saya pikir itu adalah keuntungan. Namun, saya berharap ini adalah sinergi yang saling menguntungkan yang membantu Prov. Kalimantan Tengah keluar dari kondisi pandemi COVID-19 seiring dengan kemajuan posisi profesional rekan kerja" tuturnya.


Lebih lanjut, Sri meminta agar pejabat fungsional yang baru dilantik menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan norma dan bidang kompetensi masing-masing. Sementara memperoleh skor kredit untuk kemajuan pekerjaan sangat penting, hal ini juga diantisipasi agar semua pekerjaan dilakukan dengan penuh makna dan kejujuran.


“Keahlian rekan kerja sekalian merupakan anugrah karena melalui pendidikan yang telah ditempuh. Oleh karena itu, gunakanlah ilmu tersebut untuk bermanfaat bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan” tambahnya.


Selain itu, hadir pula Pejabat Tata Usaha dan Pengawasan lingkup Pemprov Kalteng, Sekretaris BKD Prov. Suprihatin Kalteng, serta tamu undangan lainnya.

Comments


bottom of page