top of page

Ida Dayak Viral: Mengapa “Pengobatan Alternatif” Masih Sangat Diminati?


Sumber gambar : sindonews.com


Kalteng Network – Media sosial saat ini tengah dihebohkan dengan aksi dari seorang penyembut dari tanah Dayak yang tampil dengan busana adat Dayak sembari mengobati berbagai macam penyakit. Ida Dayak Namanya, viral setelah videonya saat mengobati orang tersebar luas.


Saat melakukan pengobatan alternatif, Ida Dayak menggunakan minyak Dayak yang dipercaya memiliki khasiat dan ampuh membantu penyembuhan. Ida Dayak juga melakukan tarian-tarian unik sembari mengobati seseorang sehingga menarik perhatian umum.

Lantas, apa sih faktor peminat pengobatan alternatif masih sangat besar di Indonesia? Yuk kita simak selengkapnya!


Salah satu faktor yang menyebabkan pengobatan alternatif memiliki banyak peminat adalah faktor ekonomi.

Masyarakat dengan status ekonomi menengah kebawah cenderung memilih pengobatan alternatif karena tidak membutuhkan banyak biaya. Dari viralnya Ida Dayak dapat kita lihat bahwa beliau tidak memungut biaya dari pasiennya alias gratis.


Faktor selanjutnya adanya somatisasi dan ketakutan akan hilangnya perasaan ‘sehat’ atau putus harapan. Banyak pasien dengan somatisasi berobat ke dokter dan telah dilakukan berbagai pemeriksaan tidak ditemukan adanya kelainan.

Pasien tersebut akhirnya datang ke pengobat alternatif yang selalu menemukan sesuatu untuk di obati dan jika terjadi penyembuhan maka kepercayaan semakin timbul.


Pembaca cerdas, pengobatan Ida Dayak ini sebetulnya tidak memiliki landasan keilmuan dalam dunia medis sekalipun. Namun karena faktor-faktor di atas, pengobatan alternatif masih memiliki banyak sekali peminat. Percaya atau tidak, semuanya dikembalikan ke pribadi masing-masing. Bagaimana denganmu? -red

Comments


bottom of page