top of page

Infrastruktur Katingan Semakin Membaik, Pembangunan Jalan dan Fasilitas Kesehatan Jadi Prioritas


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Penjabat Bupati Katingan Sutoyo melakukan audiensi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia, di ruang rapat SS-1 Kantor Bappenas, Kamis (19/9/2024).


Dalam pertemuan tersebut, Pj. Bupati Katingan menyampaikan dua usulan penting yang diharapkan dapat masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2025-2029 sebagai isu strategis nasional.


Usulan pertama yang diajukan adalah, pembangunan ruas jalan Kereng Pakahi - Kampung Melayu sepanjang kurang lebih 96.000 meter. Proyek ini dinilai vital untuk meningkatkan konektivitas wilayah serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Katingan dan sekitarnya.


"Pembangunan jalan ini diharapkan akan mempermudah akses masyarakat, meningkatkan mobilitas barang dan jasa, serta membuka peluang investasi baru di kawasan tersebut," sebut Sutoyo.


Pj Bupati Katingan juga mengusulkan relokasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan. Relokasi ini dianggap perlu guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Katingan, mengingat kapasitas dan lokasi RSUD saat ini dinilai tidak lagi memadai.


"Dengan relokasi RSUD ke lokasi yang lebih strategis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, diharapkan pelayanan kesehatan dapat semakin optimal," imbuh dia.


Pj Bupati Katingan menekankan pentingnya kedua proyek tersebut untuk segera dimasukkan dalam RPJMN 2025-2029. "Kami berharap Bappenas dapat mempertimbangkan usulan kami sebagai bagian dari isu strategis Nasional. Infrastruktur jalan dan fasilitas kesehatan yang memadai akan mendukung percepatan pembangunan di daerah kami serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Sutoyo. -red

Comments


bottom of page