top of page
  • Uis

Ingatkan Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum Harus Sesuai Regulasi



KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Argiansyah, minta Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk terus meningkatkan Pelayanan Pengelolaan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) dilakukan dengan prosedur dan regulasi yang sudah ditetapkan.


Menurut Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, DPRD Seruyan, Argiansyah, di Daerah Seruyan sendiri ada kurang lebih 6 (enam) spam IKK atau Sarana dan Prasarana Jaringan Konstruksi Air Minum tingkat kecamatan yang dilengkapi dengan Instalasi Pengelolaan Air (IPA).


Argiansyah juga berharap fasilitas pelayanan air minum yang sudah tersedia itu kendatinya harus digratiskan kepada masyarakat di beberapa Kecamatan tersebut, dan jangan sampai pihak pengelola mengurangi pelayanan dan kualitas air bersih yang difungsikan untuk disalurkan kepada masyarakat.


"Kalo Spam IKK dikelola oleh dinas PU itu tidak boleh memasang tarif, kalo memasang tarif akan diaudit oleh BPKP itu akan menjadi temuan," ujar Argiansyah.


Tetapi dari segi kebermanfaatan kalo tidak dipasang tarif pun masyarakat akan semaunya mengambil air bersih tersebut. sehingga masyarakat lain tidak kebagian, tambah Argiansyah.


Menurut Argiansyah, semisal SPAM IKK ini mau diserahkan ke PDAM tentunya harus dilaksakan audit dulu sehingga tidak menjadi beban pihak PDAM ketika pihak mereka yang mengelola.


tentunya dengan penambahan kapasitas liter per detik, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh warga masyarakat di daerah yang mempunyai SPAM IKK, agar menghindari kejadian masyarakat tidak kebagian. (rfn)

Comments


bottom of page